Basarnas Luncurkan 6 Kapal SAR Canggih Perkuat Armada Laut

Basarnas Luncurkan 6 Kapal SAR Canggih Perkuat Armada Laut

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi meluncurkan 6 unit kapal SAR kelas 2 di Tanjung Ucang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (12/4/2021).

Tanjungpinang, Batamnews - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi meluncurkan 6 unit kapal SAR kelas 2 di Tanjung Ucang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (12/4/2021).

Ke-6 kapal itu yakni, KN SAR Seta dan KN SAR Sanjaya, KN. SAR Tetuka, KN. SAR Permadi, KN. SAR Puntadewa, dan KN. SAR Parikesit. Alut SAR baru ini merupakan kapal kelas 2 tipe kapal cepat berteknologi canggih dengan spesifikasi panjang 40 meter lebar 7,80 meter, tinggi geladak utama 3,60 meter serta memiliki kecepatan maksimal 30 knot.

Kapal berbahan alumunium ini memiliki 3 mesin 1400 hp dengan endurance 60 jam dan daya jelajah 1200 Nm dengan kecepatan 20 knot. Keenam Kapal ini memiliki kemampuan Autopilot serta dilengkapi dengan Echo Sounder, ECDIS, Sea Rider berkapasitas 6 orang, serta alat komunikasi.

Kabasarnas menjelaskan, untuk kapal KN. SAR Seta dibuat di galangan PT. Karimun Anugrah Sejati dan rencananya akan memperkuat armada laut Kantor Pencarian dan Pertolongan Tarakan.

"Untuk kapal KN. SAR Sanjaya diluncurkan di galangan PT. Palindo Marine untuk kebutuhan dan memperkuat armada laut Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan," jelasnya.

Kabasarnas berharap dengan dengan diluncurkan kapal tersebut mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi pelayanan pencarian dan pertolongan.

“Mudah-mudahan dengan peluncuran KN. SAR Seta dan KN. SAR Sanjaya ini, mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi pelayanan pencarian dan pertolongan sebagaimana peruntukannya," harapnya.

Sebagaimana diketahui, hadir pada peluncuran tersebut, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, dan Sistem Komunikasi Pencarian dan Pertolongan Marsda TNI Suparmono, Direktur Sarana Prasarana Marsma TNI Agus Sudarmanto, serta Direktur Bina Tenaga Marsma TNI Arif Widianto.

Kemudian Kepala Biro Perencanaan Moh. Barokna Haulah, Inspektur Brigjen TNI Chanlan Adilane, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjung Pinang dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews