Satgas Pangan Sidak Pasar di Batam, Harga Sembako Relatif Stabil

Satgas Pangan Sidak Pasar di Batam, Harga Sembako Relatif Stabil

Satgas Pangan sidak pasar di Batam jelang Ramadan

Batam, Batamnews - Polda Kepulauan Riau (Kepri), melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar dan distributor sembako di Kota Batam, Jumat (9/4/2021).

Sidak ini dihadiri Satgas Pangan Polda Kepri dan Polresta Barelang, Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam, BPOM Kota Batam, Dinas Perdagangan Kota Batam dan Bulog Sub Divre Kota Batam.

Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Kombes Pol Teguh Widodo melalui Kasubdit I AKBP Tidar Wulung mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan demi memantau kestabilan dan kelancaran menjelang puasa dan hari raya Idul Fitri 2021.

"Ada sejumlah pasar dan distributor sembako yang didatangi seperti Pasar Pujabahari, Pasar TPID Bazar Murah di Pelita VII Sat Nusa, Distributor daging beku di PT. Seraya Mutiara Sejati dan gudang Sub Divre Bulog," ujar Tidar, Sabtu (10/4/2021).

Lanjutnya, dari hasil kegiatan terpantau harga daging sapi segar Rp 130 ribu/kg, ayam Rp 36 ribu/kg, telur ayam Rp 40 ribu per papan, cabe merah Rp 55 ribu/kg, cabai rawit Rp 58 ribu/kg dan cabai setan Rp 85 ribu/kg.

Tidak hanya itu, untuk bawang merah Rp 27 ribu/kg, bawang putih Rp 22 ribu/kg, tomat Rp 14 ribu/kg, gula curah Rp 10 ribu/kg, beras Rp 13 ribu/kg, tepung Rp 10 ribu/kg, minyak goreng Rp 12 ribu/kg dan ikan Rp 27 ribu.

Namun, berdasarkan hasil kunjungan di pasar TPID Bazar Murah terhadap barang pokok pangan di Pelita VII lebih murah dibawah harga pasar. Hal ini karena harga tersebut langsung dari distributor atau petani ke konsumen.

Untuk distributor daging beku PT. Seraya Mutiara Sejati, stok masih aman dalam menghadapi puasa dan lebaran tahun 2021.

Sementara itu, untuk stok di Gudang Bulog Kota Batam aman dalam jangka waktu 3 bulan mendatang, serta Bulog juga ditunjuk dalam rangka menyalurkan bantuan pemerintah ke PKM di Kota Batam.

"Berdasarkan pemantauan dan analisa bahwa harga dan ketersediaan barang kebutuhan bahan pokok secara umum harga terpantau stabil, untuk suplai dan distributor dalam keadaan lancar serta stok masih tersedia atau mencukupi," ucap Tidar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews