Bazar dan Pasar Takjil di Batam Boleh Buka Selama Ramadan

Bazar Ramadan di kawasan Nagoya Batam sebelum pandemi Covid-19.

Batam, Batamnews - Ramadan di Batam, Kepulauan Riau pada tahun ini diprediksi lebih semarak dibandingkan dengan tahun 2020.

Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Batam mengizinkan bazar maupun penjualan takjil buka selama bulan Ramadan.

"Jualan takjil boleh, bazar juga boleh. Tapi ingat protokol kesehatan diperhatikan," kata Wali Kota Batam Rudi, Kamis (8/4/2021).

Ia mengimbau, agar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam untuk turun ke lapangan mengawasi prokes yang diterapkan oleh para pedagang yang berjualan. Dengan begitu penerapan prokes bisa diterapkan dengan baik. 

Selain itu, bagi para pembeli juga diminta menjaga ketertiban dan tidak menimbulkan kemacetan. 

"Nanti yang ngatur Disperindag terutama prokes ini yang penting. Jadi pedagang dan warga aman dan nyaman saat berjualan dan membeli," katanya. 

Pemko Batam juga akan menggelar Batam Wonderfood Ramadhan kedua dengan bertemakan “Jom Balek Kampong”. Ajang ini diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam. 

Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata mengatakan lokasi bazar Ramadan tahun ini akan dilaksanakan di Taman Dang Anom, yang terletak di Jalan Sudirman, tak jauh dari Flyover Laluan Madani. 

Kegiatan tersebut berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. 

"Sesuai dengan tema, makanan yang dijual makanan khas kampung. Seperti lemang, dodol, juadah, kue-kue tradisional, dan makanan berat yang mengenyangkan. Khusus lemang masak di tempat," katanya. 

(ret)
SHARE US :