Anggota DPR Cen Sui Lan Usulkan Tiga Ruas Jalan di Karimun Jadi Jalan Nasional

Anggota DPR Cen Sui Lan Usulkan Tiga Ruas Jalan di Karimun Jadi Jalan Nasional

Ilustrasi. (Foto: Kementerian PUPR)

Karimun, Batamnews - Tiga ruas jalan di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau diprioritaskan dan diusulkan menjadi jalan nasional ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Usulan itu disampaikan oleh Anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan yang berasal dari daerah pemilihan Kepulauan Riau.

"Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Karimun saya minta agar bisa dijadikan jalan nasional, saya harap usulan ini dapat diprioritaskan dan dibantu oleh Kementerian PUPR," ujar Cen Sui Lan, Senin (5/3/2021).

Adapun ruas jalan yang diusulkan menjadi jalan nasional tersebut adalah jalan Coastal Area Karimun, Kecamatan Karimun hingga Bandara Raja Haji Abdullah, Kecamatan Tebing, sepanjang 11,5 kilometer.

Kemudian, jalan Tanjungbatu, Kecamatan Kundur – Sawang, Kecamatan Kundur Barat – Pelabuhan Tanjung maqom, Selat Beliah, Kecamatan Kundur Barat sepanjang 43 kilometer.

Terakhir, Tugu Stadion Badang Perkasa, Kecamatan Tebing – Pelabuhan Peti Kemas Malarko, Kecamatan Tebing sepanjang 10,5 kilometer.

Ia mengatakan, jika usulan tersebut dapat terealisasi akan meningkatkan konektivitas dan mendorong perekonomian masyarakat di wilayah Karimun. 

"Saat ini, mengenai usulan untuk menjadikan ketiga ruas jalan ini menjadi jalan nasional tergantung dari pihak Pemkab Karimun dan Pemprov Kepri untuk mengajukan permohonannya ke Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR," katanya. 

Jika ketiga ruas jalan di Karimun menjadi jalan nasional maka untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan tersebut dapat melalui anggaran APBN. 

"Hal ini tentunya sangat membantu Pemkab Karimun dari segi anggaran," ucap Cen Sui Lan.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyambut baik usulan agar ketiga ruas jalan yang semula berstatus jalan provinsi itu untuk menjadi jalan nasional.

Menurutnya, peralihan status jalan nasional itu sangat penting mengingat panjang ruas jalan nasional di Kabupaten Karimun yang sudah ada saat ini masih tergolong sangat pendek.

“Kita mengusulkan ini karena ruas jalan nasional kita paling pendek, karena terdiri dari pulau pulau kecil,” ucap Rafiq, Rabu (3/2/2021) lalu.

(aha)