Sudah Ganti ATM? Ini Jadwal Pemblokiran Kartu ATM Lama Bank BCA, Mandiri, BNI

Sudah Ganti ATM? Ini Jadwal Pemblokiran Kartu ATM Lama Bank BCA, Mandiri, BNI

Ilustrasi.

Jakarta, Batamnews -  Jadwal pemblokiran kartu ATM lama atau debit berbasis magnetic stripe ke ATM berbasis chip sudah ditetapkan oleh sejumlah bank. 

Diketahui, banyak pengguna ATM, baik itu bank BCA, Mandiri maupun BNI, yang belum menukarkan ATM berbasis magnetic stripe ke chip. Padahal jadwal pemblokiran sudah semakin dekat.

Sejumlah bank bukan hanya meminta para nasabahnya untuk segera menukar kartu ATM lama ke ATM baru agar memenuhi kebijakan BI (Bank Indonesia), tapi juga menetapkan jadwal pemblokiran sebelum mencapai batas waktu yang ditentukan.

Jadwal pemblokiran ATM lama secara resmi sudah ditentukan oleh BI (Bank Indonesia), dengan batas waktu maksimal sebelum 31 Desember 2021.

Oleh karena itu, para nasabah, khususnya nasabah bank BCA, Mandiri dan BNI diwajibkan untuk menukar ATM lama ke ATM baru sebelum batas waktu tersebut. Nah, berikut ini jadwal pemblokiran kartu lama ATM Bank BCA, Mandiri dan BNI.

Jadwal Pemblokiran Kartu ATM BCA

Jadwal pemblokiran kartu BCA lama berbasis magnetic stripe ke ATM baru berbasis chip sesuai dengan batas maksimal yang ditetapkan oleh BI (Bank Indonesia) yakni pada 31 Desember 2021.

Meski demikian, pihak BCA tetap meminta agar para nasabahnya melakukan pergantian kartu ATM lama ke ATM baru sebelum batas waktu maksimal yang sudah ditetapkan demi keamanan dalam bertransaksi.

Diketahui, per Februari 2021, jumlah ATM BCA yang telah ditukar menjadi chip mencapai angka 19 juta kartu. Jumlah tersebut setara dengan 81 persen dari jumlah total kartu ATM yang dipersyaratkan menggunakan kartu ATM berbasis chip.

Jadwal Pemblokiran Kartu ATM Mandiri

 

Jadwal pemblokiran kartu ATM Mandiri dari magnetic stripe ke chip yakni batas waktunya pada bulan ini. Hal tersebut berlaku untuk kartu yang memiliki masa berlaku dari 2021-2022.

Dengan kata lain, jika sudah memasuki bulan April 2021, maka kartu berbasi magnetic stripe akan diblokir atau tidak bisa digunakan lagi.  

Namun, bagi kartu yang memiliki masa berlaku 2023-2025, batas waktu pemblokiran sebelum 1 Juni 2021. Sedangkan untuk kartu dengan masa berlaku 2026, batas waktunya sebelum 1 Juli 2021.

Diketahui, per Januari 2021, sudah ada 11,2 juta kartu ATM Mandiri yang ditukar ke chip. Jumlah tersebut setara dengan  76,1 persen dari total kartu yang dipersyaratkan oleh bank tersebut.

Jadwal Pemblokiran Kartu ATM BNI

Jadwal pemblokiran kartu ATM BNI lama ke ATM baru yaitu sebelum 30 April 2021. Kebijakan tersebut berlaku untuk semua kartu ATM BNI berbasis magnetic stripe yang masa berlakunya sudah berakhir.

Adapun jumlah kartu ATM yang sudah mengganti ke chip yaitu  mencapai 10 juta lebih per Januari 2021, yang mana jumlah tersebut hampir setara dengan 80 persen dari total kartu yang dipersyaratkan bank BNI.

Mengapa Harus Migrasi ke Kartu ATM Chip

 

Benefitnya Lebih Banyak

Migrasi ke kartu chip akan membuat kamu mendapatkan banyak benefit, beberapa diantaranya yaitu: bisa melakukan transaksi di mesin EDC, bisa transaksi debit online, bayar belanja online, langganan streaming, bayar voucher game, dan lain sebagainya.

Wajib Mengganti ke Chip Sesuai Aturan BI

Demi keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan kartu ATM, sebaiknya lekas migrasi ke chip. Jika tidak, kartu akan diblokir, sehingga tidak bisa digunakan lagi karena banyak bank maupun merchant yang kini mengganti mesin EDC untuk membaca kartu chip.

Meminimalisir Kejahatan 

Alasan lainnya yaitu untuk meminimalisir kejahatan kartu melalui skimming yang banyak terjadi belakangan ini. Oleh karena itu, untuk menghindari modus seperti itu, kamu harus mengganti kartu ATM ke chip.
 

Komentar Via Facebook :