Awas! Salah Pakai Masker Bisa Picu Sakit Leher

Awas! Salah Pakai Masker Bisa Picu Sakit Leher

Ilustrasi

Jakarta - Salah menggunakan masker tak hanya meningkatkan risiko tertular Covid-19, namun juga bisa menyebabkan sakit leher.

American Chiropractic Association (ACA) telah mengamati hubungan antara kesalahan menggunakan menggunakan masker dengan peningkatan nyeri rahang, kekakuan leher, ketegangan mata, nyeri punggung atas, dan sakit kepala.

"Masker dapat membatasi jangkauan penglihatan ke area yang lebih rendah, terutama jika tidak dipasang dengan benar," demikian keterangan ACA, dikutip dari New York Post.

"Ini menyebabkan orang harus menekan dagu ke bawah, menggeser posisi tubuh, menahan leher, dan postur tubuh mereka untuk mempertahankan garis pandang," lanjutnya.

Sependapat dengan ACA, direktur klinis di Spear Physical Therapy di New York City, Ninia Agustin, menjelaskan bahwa seseorang tidak bisa melihat dengan jelas ke bawah ketika menggunakan masker.

"Saya tak bisa melihat ke bawah hanya dengan mata saya. Saya harus melihat ke bawah dengan cara menekuk kepala dan leher," ujar Agustin.

Menurut Agustin, jika hal ini hanya dilakukan sesekali, maka tak akan menjadi masalah. Namun, jika melihat ke bawah dalam waktu yang lama, seperti pada saat melihat layar ponsel selama 30 menit, tentu bisa menyebabkan sakit leher.

Oleh karena itu, ia mengingatkan untuk menggunakan masker dengan benar dan memilih masker yang paling sesuai.

Selain penggunaan masker yang salah, peningkatan nyeri leher bisa dipicu oleh tingkat stres dan bekerja dari rumah. Maka dari itu, Agustin menyarankan untuk menggerakkan badan sebanyak mungkin.

"Semakin banyak menggerakkan leher, kamu akan terasa lebih baik. Kapan pun kamu bekerja atau menelpon, cobalah untuk bergerak setidaknya setiap jam," saran Agustin.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews