Ajaib, Berpikir Positif Ternyata Bisa Melindungi Diri dari Penyakit

Ajaib, Berpikir Positif Ternyata Bisa Melindungi Diri dari Penyakit

Ilustrasi. (foto:ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Orang-orang yang memiliki pikiran positif, menurut studi dalam jurnal Psychosomatic Medicine, punya risiko lebih rendah terkena penyakit jantung.

Tim peneliti melibatkan lebih dari 1.000 orang pasien jantung koroner selama lebih dari lima tahun dalam penelitiannya. Mereka menanyai pasien mengenai 10 emosi positif yang spesifik, seperti tertarik,  bangga, antusias, dan terinspirasi. Tak hanya itu, para peneliti juga mencatat aktivitas fisik, kualitas tidur, pengobatan dan konsumsi rokok serta alkohol pasien.

Peneliti menemukan, pasien yang memiliki pikiran positif cenderung lebih aktif secara fisik, tidur lebih baik, dan melakukan pengobatan untuk jantung mereka, serta mengurangi kebiasaan merokok, dibandingkan pasien yang berpikiran negatif.

"Emosi negatif dan depresi berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, masih kurang jelas bagaimana emosi positif bisa melindungi kesehatan kita," kata Nancy Sin, salah satu peneliti studi dari Pennsylvania State University di Amerika Serikat.

Kendati begitu, ia mencatat, emosi positif berhubungan dengan kebiasaan sehat, yang mampu mengurangi risiko terjadinya masalah jantung dan kematian dini di kemudian hari. "Menjaga emosi positif bisa menjanjikan untuk mempromosikan perilaku sehat," tandas Sin.
 
(ind/bbs/rima)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews