Pemkab Meranti Akan Rapid Test Semua Peserta MTQ

Pemkab Meranti Akan Rapid Test Semua Peserta MTQ

Rakor pelaksanaan MTQ Kabupaten Kepulauan Meranti. (Foto: Arjuna/Batamnews)

Meranti - Kepulauan Meranti akan melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-12 tingkat kabupaten pada tanggal 1 sampai 5 April 2021. Untuk itu, panitia pelaksana akan menerapkan standar antisipasi Covid-19 pada peserta, yakni Rapid Test.

Dalam rakor yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Meranti H Asmar, MTQ akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 5 April 2021. Keputusan tersebut diambil setelah mendengar masukan dan saran dari seluruh pihak terkait.

"Setelah mendengar saran dan masukan dari para panitia, kita putuskan MTQ tetap digelar namun dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," tutur Asmar dalam rapat yang berlangsung di Ruang Melati Kantor Bupati Meranti, Senin (22/3/2021).

Seperti yang dikatakan Ketua MUI Meranti H Mustafa, MTQ kali ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pagelaran tersebut akan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Untuk itu panitia pelaksana akan menerapkan standar antisipasi penyebaran Covid-19. Mulai dari pemeriksaan lewat Rapid Test kepada setiap peserta (qori dan qoriah) hingga penerapan protokol kesehatan (prokes).

"Karena kita tidak ingin pelaksanaan syiar Islam untuk menggaungkan Asma Allah ini jadi pemicu penyebaran Covid-19," ujarnya.

Di samping itu, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Meranti, Datuk Muzamil Baharuddin menyarankan kepada panitia agar dalam pelaksanaan MTQ dapat menghindari terjadinya kerumunan massa.

"Diharapkan jangan sampai terjadi kerumunan diluar ketentuan (melebihi 30 orang). Seperti saat penyambutan khafilah kecamatan di pelabuhan hingga pengaturan jumlah tamu yang diundang," pintanya.

Menanggapi hal tersebut, pihak panitia mengaku tak akan menggelar kegiatan penyambutan khafilah. Begitu juga dalam hal undangan, tetap dibatasi.

Untuk perlombaannya, cabang-cabang yang dipertandingkan sesuai dengan MTQ tingkat provinsi dan nasional.

Dimana, pada cabang tilawah yang dilombakan meliputi tartil, tilawah anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, tilawah cacat netra, qiraat Al-Quran dan mujawad dewasa.

Sedangkan untuk cabang hafiz Quran yakni golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews