Kepri Provinsi Pertama di Indonesia Terapkan Digitalisasi Siaran TV

Kepri Provinsi Pertama di Indonesia Terapkan Digitalisasi Siaran TV

Ketua KPID Kepri, Hengky Mohari.

Tanjungpinang, Batamnews - Kepulauan Riau menjadi provinsi pertama di Indonesia yang akan menerapkan digitalisasi penyiaran televisi.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Kepri, Henky Mohari menyampaikan alih teknologi dari analog ke digital itu akan diresmikan Presiden Joko Widodo bertepatan dengan Hari Penyiaran Nasional pada 1 April 2021 mendatang.

Dengan adanya alih teknologi itu, Hengky menyebut Kepri harus mampu menangkap deviden digital untuk mengatasi keterisoliran terutama dalam hal komunikasi. 

"Karena masih banyak daerah pulau-pulau terluar dan terdepan di Kepri yang masih blank spot, sehingga dengan adanya deviden digital diharapkan tidak ada lagi daerah terluar di Kepri yang tidak ada sinyal telekomunikasi," ujarnya, Selasa (16/3/2021). 

Beberapa keuntungan siaran digital bagi masyarakat, lanjut dia, yakni kualitas audio video serta warna sangat jauh lebih bersih dari pada penerimaan siaran analog. 

Selain itu, pilihan program siaran digital lebih banyak dibandingkan siaran analog yang selama ini digunakan masyarakat. 

"Bukan itu saja keuntungan lainnya yakni dapat digunakan sebagai layanan interaktif dan informasi bencana," jelasnya. 

Siaran televisi digital juga sambungnya, dapat diterima oleh sistem penerima televisi tidak bergerak maupun sistem penerima televisi bergerak. 

"Keuntungan lainnya siaran digital tidak munculnya effect doubler pada pesawat penerima siaran digital," tuturnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews