Ini 9 Gejala Long Covid yang Ditemukan Peneliti

Ini 9 Gejala Long Covid yang Ditemukan Peneliti

(Foto ilustrasi: Getty Images/Xesai)

Jakarta - Para ilmuwan di seluruh dunia sampai saat ini masih mempelajari soal efek samping COVID-19 atau yang biasa disebut Long COVID. Menurut pakar, ada dua dari lima orang yang mengeluhkan masalah di perut berbulan-bulan setelah terinfeksi virus Corona.

Penelitian baru dari China menemukan, sekitar 43 persen orang yang dirawat di rumah sakit akibat COVID-19 mengalami masalah gastrointestinal 90 hari sepulang dari RS.

Selain itu, mereka memeriksa data dari 117 pasien di 12 rumah sakit di provinsi Hubei dan Guangdong, China, antara 16 Januari dan 7 Maret 2020 lalu.

Mereka menemukan, 52 dari 117 orang itu memiliki masalah perut dalam 3 bulan setelah meninggalkan rumah sakit dan hanya satu yang benar-benar sembuh.

Dikutip dari laman The Sun, berikut beberapa efek samping akibat virus Corona atau Long COVID.

* Menurut penelitian dalam jurnal medis Lancet, masalah paling umum setelah sembuh dari virus Corona adalah kehilangan nafsu makan yang memengaruhi sekitar 24 persen pasien.

* Sebanyak 18 persen mengalami efek samping mual dan refluks asam.

* 15 persen lainnya yang pulih dari virus Corona mengalami diare.

* Adapun gejala kurang umum termasuk kembung dialami 14 persen pasien.

* Sendawa pada 10 persen pasien

* 9 persen pasien juga mengalami muntah.

* 7 persen pasien mengalami sakit perut setelah keluar dari rumah sakit.

* Sementara itu, darah dalam kotoran adalah efek samping langka yang hanya dilaporkan oleh 2 pasien.
 
Para peneliti mengatakan, dari 52 pasien, 65 persen di antaranya mengalami gejala yang berhubungan dengan perut saat berada di rumah sakit.

Hanya 6 persen yang mengalami efek samping setelah dipulangkan dari RS. Sementara, 29 persen sudah mengalami gejala yang berhubungan dengan masalah perut saat masuk rumah sakit.

Tak satupun dari 65 pasien lain dalam penelitian ini yang tidak melaporkan masalah gastrointestinal terus-menerus sepulang dari RS.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews