https://www.batamnews.co.id

Vaksin Tahap II Tiba di Meranti, Target 8.000 Sasaran Disuntik

Vaksin tiba di Kota Selatpanjang, dikawal langsung oleh anggota kepolisian. (Foto: Arjuna/Batamnews)

Meranti - Kabupaten Meranti kembali kedatangan vaksin dalam gelombang kedua. Sebanyak 130 vial vaksin Sinovac tiba di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Meranti, Selasa (2/3/2021) siang.

Jubir Tim Gugus Tugas Covid19 Meranti, M Fahri menyebut vaksin tahap dua ini direncanakan akan diplot untuk petugas layanan publik.

"Untuk gelombang kedua ini target kita sebanyak 8.000 sasaran, seperti TNI/Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS), rekan-rekan wartawan, pegawai bank, pegawai BUMN dan juga pedagang pasar," beber Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19, Muhammad Fahri.

Tak hanya itu, vaksin tersebut juga diperuntukkan kepada masyarakat lanjut usia.

Diterangkan Fahri, vaksin dikirim dari Provinsi Riau.

Vaksin dibawa menggunakan mobil dari Kota Pekanbaru menuju ke Tanjung Buton dan kemudian langsung dibawa ke Selatpanjang lewat jalur laut dengan speedboat.

Pengawalan ketat dilakukan satuan Brimob. "Setelah sampai di Selatpanjang, vaksin produksi Biofarma ini pun tetap dijaga ketat oleh pihak kepolisian," katanya.

Di Kota Selatpanjang, vaksin tersebut diserahkan langsung oleh staf Instansi Farmasi Dinkes Riau, Utari Nengsih kepada Kabid Sumber Daya Kesehatan dan Kefarmasian Dinkes Meranti, Muhamad Sardi yang didampingi Jubir Gugus Tugas Covid-19.

Untuk harga dari vaksin tersebut totalnya Rp191.539.991,50. Sementara harga satuannya yakni Rp1.473.384,55.

Vaksinasi akan segera dilaksanakan. Namun, sebelum itu perlu dilakukan rekapitulasi data terlebih dahulu.

"Bagi tenaga kesehatan (nakes) yang belum divaksin bisa ikut pada vaksinasi gelombang kedua ini. Penyuntikan vaksin rencananya dilakukan pada akhir mingggu kedua Bulan Maret," tutupnya.