Begini Cara Polres Karimun Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan

Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan (Foto:Edo/Batamnews)

Karimun - Kepolisian Resor (Polres) Karimun, menunjukkan keseriusannya dalam menangani permasalahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri).

Di wilayah hukum Polres Karimun saat ini tercatat ada sekitar 10 titik lokasi kebakaran yang terjadi. Dalam penanganan dan penanggulangan karhutla itu, kepolisian bekerja sama dengan TNI, Pemerintah Daerah, Satpol PP, serta pihak lainnya.

"Dalam penanganan, baik pemadaman dan pencegahan, kita semua bekerja sama, baik TNI-Polri, Pemda serta masyarakat," kata Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan usai rapat bersama di Polres Karimun, Sabtu (27/2/2021).

Terjadinya kebakaran hutan dan lahan, diduga banyak dipicu oleh sejumlah warga yang ingin membuka lahan. Bahkan, lahan gambut yang terbakar menjadi kesulitan tersendiri dalam melakukan pemadaman.

"Sampai saat ini ada 10 titik, dan kebaran yang terjadi sejauh ini masih bisa dikendalikan, api cepat dipadamkan bersama-sama," ucap Adenan.

Polres Karimun sendiri dalam memantau terjadinya karhutla dilakukan melalui satelit.

"Kita memantau terjadinya kebaran melalui setelit, jika terpantau ada berwarna kuning tanda kebakaran, kita dengan cepat turun ke lokasi," ujarnya.

Kemudian, pada lokasi kebakaran terjadi, polisi juga telah memeriksa sejumlah saksi-saksi.

(aha)
SHARE US :