Pelantikan Bupati Bintan, Anambas dan Lingga Ditargetkan Serentak Februari 2021

Pelantikan Bupati Bintan, Anambas dan Lingga Ditargetkan Serentak Februari 2021

Pj Gubernur Kepri, Suhajar Diantoro memimpin rapat. (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Penjabat Gubernur Kepri Suhajar Diantoro memimpin rapat lanjutan sekaligus menyampaikan sejumlah arahan dari Kemendagri kepada para bupati/wali kota di Kepri.

 

Rapat tersebut untuk mengkoordinir beberapa hal diantaranya Persiapan Pelantikan bupati/wali kota, kemudian evaluasi penanganan Covid-19 dan vaksinasinya, serta pemulihan ekonomi.

“Tugas saya membantu rekan semua untuk mengawal agar tahapan akhir dari proses pilkada ini, baik proses administrasi penetapan hingga pelantikan Kepala Daerah terpilih bisa terselenggara dan selesai dengan baik,” kata Suhajar, Sabtu (20/2/2021).

Ia menambahkan, dari 6 Kabupaten/Kota yang melaksanakan pilkada di Kepri ini, telah diketahui bersama bahwa Kabupaten Bintan, Natuna dan Anambas hingga saat ini tidak ada gugatan MK.

Karena itu pleno di tiga daerah tersebut sudah dilaksanakan, paripurna sudah dilaksanakan. Begitu juga usulan penetapan ke Kemendagri sudah dikirim untuk Kabupaten Bintan dan Anambas.

Selanjutnya 3 Kabupaten/Kota, yang masih berproses gugatan di Mahkamah Konstitusi yakni Kota Batam, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Karimun.

Putusan sela MK di pertengahan Februari, telah memutuskan untuk menolak gugatan Pilkada di Batam dan Lingga serta meneruskan pembuktian untuk di Kabupaten Karimun.

Terkait berakhir masa jabatan Bupati/Walikota, maka Rabu (17/2/2021) lalu, Bupati Bintan, Lingga dan Anambas yang sudah berakhir masa jabatan kepala daerahnya saat ini dipegang oleh Sekretaris Daerah sebagai Pelaksana Harian (Plh).

Periode Bupati Karimun akan berakhir pada bulan Maret dan masih menunggu keputusan MK. Wali kota Batam juga berakhir di Maret. Sedangkan Natuna pada Bulan Mei.

“Oleh karena itu, fokus kita pada bulan Februari ini adalah menuntaskan sampai pelantikan Bupati Bintan, Anambas dan Lingga,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk Kabupaten Bintan dan Anambas proses sudah dimeja Mendagri. Sedangkan untuk Kabupaten Lingga karena baru putusan sela minggu ini.

KPU sudah melakukan sidang pleno dan dijadwalkan pada Senin (22/2/2021) nanti akan diparipurnakan oleh DPRD.

Kalau sudah selesai, pada sore hari akan kita kirim online kepada Mendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah

“Menteri Dalam Negeri, berharap pelantikan serentak Bupati/Walikota yang telah selesai prosesnya dapat dilaksanakan sebelum Februari berakhir. Kalau  tanggal 27 Sabtu dan  tanggal 28 Minggu, maka kita coba kejar pelantikan pada Jum’at (26/2/2021). Mudah mudahan Lingga, juga bisa kita kejar, sehingga 3 Kabupaten/Kota ini bisa dilantik secara serentak,” harapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews