Ini Harga Sawit Terbaru di Sumatera Barat per Kilogram

Ini Harga Sawit Terbaru di Sumatera Barat per Kilogram

Ilustrasi petani sawit (Foto: Energy Today)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit daerah selatan Provinsi Sumatera Barat Rp1.214,65 per kilogram yang mencakup Kabupaten Dharmasraya, Sijunjung, Solok Selatan dan Pesisir Selatan berlaku dua pekan ke depan.
 
"Harga Rp1.214,65 merupakan harga tertinggi dengan umur tanaman kelapa sawit kisaran 10 sampai 20 tahun. sedangkan yang termurah adalah Rp910,78 untuk umur kelapa sawit yang berumur tiga tahun, " kata Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran hasil Dinas Perkebunan, Sumbar, Reno Budi didampingi Ketua Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Irman di Padang, Senin.
 
Sedangkan umur empat tahun Rp1.024,35, umur lima tahun Rp1.085,69, umur enam tahun Rp1.097,62, umur tujuh tahun Rp1.105,43, umur delapan tahun Rp1.197,37 dan umur sembilan tahun Rp1.213,21 per kilogram.
 
Untuk umur 21 tahun turun menjadi harga Rp1.177,30, umur 22 turun ke Rp1.173,13, umur 23 turun ke Rp1.157,22, dan umur 24 tahun menjadi Rp1.097,37 per kilogram.
 
Ia mengatakan penetapan harga ini berdasarkan data crude palm oil (CPO) dari PT. Dharmasraya Letarindo, PT. Tidar Kerinci Agung, PT. Salogo Makmur Plt dan PT. KSI.
 
Ia melanjutkan, penetapan harga ini dibuat sebagai bahan acuan untuk membayar TBS oleh perusahaan kelapa sawit kepada petani, kelompok tani dan KUD kelapa sawit setempat.
 
Ia juga mengatakan dengan adanya kesepakatan harga ini tidak ada pihak yang dirugikan baik petani maupun perusahaan kelapa sawit.
 
"Kami bersama-sama menuntaskan penetapan harga ini, tentu tidak ada pihak yang dirugikan dan untuk harga berlaku paling lambat tujuh hari sesudah ditetapkan," kata dia.
 
Sementara itu, Sekretaris KUD Taqwa Indrapura Barat, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar Afrizal Kirun mengatakan penetapan harga ini sangat membantu petani karena petani kelapa sawit menjadi tahu berapa harga TBS yang sebenarnya.
 
"Berapa bulan yang lalu kami masih buta dengan informasi penetapan harga TBS, tapi setelah kami diikutsertakan kedalam wilayah selatan kami diajak dalam kegiatan penetapan harga ini," kata dia.
 
Di Sumbar penetapan harga TBS dibagi menjadi dua wilayak selatan dan utara, di wilayah utara adalah Kabupaten Pasaman Barat dan Agam.
 
sumber: antara
 
 
[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews