Isdianto Pamit, Masa Jabatan Gubernur Kepri Berakhir Pas di Hari Imlek

Isdianto Pamit, Masa Jabatan Gubernur Kepri Berakhir Pas di Hari Imlek

Isdianto menerima cinderamata berupa karikatur dari Pemprov Kepri dalam acara perpisahan sebagai Gubernur Kepri. (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Gubernur Kepri Isdianto bersilaturahmi sekaligus berpamitan dengan para pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri. Masa jabatannya akan berakhir 12 Februari 2021, bertepatan dengan hari raya imlek.

Isdianto mengatakan, pergantian kepala daerah merupakan hal yang lumrah dan memang harus terjadi setiap lima tahun sekali. Tentunya melalui proses pemilihan yang diatur dalam undang-undang.

"Pagi ini merupakan silaturahmi yang bersempena dengan berakhirnya masa jabatan saya selaku Gubernur Kepulauan Riau. Secara resmi, masa jabatan ini akan berakhir pada tanggal 12 Februari 2021, besok" kata Isdianto di Dompak, Tanjungpinang, Kamis (11/2/2021).

Ia menyampaikan pesan dan kesan kepada para pejabatnya, dan mengenang mendiang ibunya, Hj. Tumirah.  Dari rahim wanita itu lahir dua pemimpin Kepri yang menjabat gubernur dalam satu periode yang sama. Yakni dirinya dan mendiang HM Sani. Suatu hal yang unik dan langka terjadi.

Seperti diketahui, Isdianto memimpin Kepri setelah dilantik menggantikan Gubernur Nurdin Basirun yang ditahan KPK terkait kasus gratifikasi.

Nurdin sendiri notabene wakil gubernur yang menggantikan HM Sani yang mangkat. Nurdin-Sani merupakan pasangan pemenang Pilkada Kepri 2015 lalu.

Bahkan dalam satu periode ini, lima orang menjabat gubernur di Kepri. Sebelumnya saat maju Pilkada lalu, Isdianto yang cuti digantikan Bahtiar Baharudin sebagai Pjs Gubernur yang ditunjuk Kemendagri.

Isdianto pun akan segera digantikan oleh Sekda Arif Fadillah yang akan menjabat Plt gubernur hingga Ansar Ahmad dilantik sebagai Gubernur Kepri yang baru di periode baru (2021-2025).

"Siapa yang menyangka, dari seorang wanita petani yang dilahirkan tepat di Sungai Ungar bernama Tumirah. Posturnya tidak lah besar, tapi alhamdulillah darinya telah melahirkan dua sosok pemimpin di negeri ini," kenang Isdianto.

Sementara itu, Sekretaris Daerah TS Arif Fadilah mengatakan tidak terasa 5 tahun sudah masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2016-2021.

"Terimakasih sebesar-besarnya Pak Isdianto yang telah membimbing kami, tunjuk ajar kami dan sangat terasa keharmonisan yang bapak bina dalam menjalankan Pemerintah ini," ungkap Arif.

Diakuinya, Isdianto telah melakukan banyak hal untuk kemajuan negeri 'Segantang Lada' ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews