WHO Sebut 6 Tempat Ini Berisiko Tinggi Tularkan Virus Corona

WHO Sebut 6 Tempat Ini Berisiko Tinggi Tularkan Virus Corona

Ilustrasi (Foto: Batamnews)

Jakarta - Hingga kini, kasus Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat setiap hari. Meski proses vaksinasi dilaporkan terus berjalan, langkah pencegahan tetap wajib dilakukan untuk meminimalkan risiko penyebaran virus. Salah satunya, dengan menghindari keramaian di luar rumah.

Menurut World Health Organization (WHO), virus Corona sangat mudah menyebar di tempat dengan banyak orang berkumpul, berbicara keras, berteriak, dan bernyanyi.

Pasalnya selain menular lewat droplet, virus Corona bisa menyebar lewat udara sehingga penggunaan masker pun tak menjamin seseorang bebas dari infeksi Covid-19. WHO turut meluruskan, Corona bisa menyebar lewat partikel-partikel kecil yang melayang di udara.

Dengan begitu, menghindari tempat ramai juga perlu dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Berikut 6 tempat dengan risiko penularan Covid-19 yang tinggi menurut WHO:

1. Restoran
2. Tempat latihan paduan suara
3. Gym dan kelas kebugaran
4. Klub malam
5. Tempat kerja
6. Tempat ibadah

Dalam laporan lainnya, WHO juga menyebutkan bahwa virus Corona bisa tersebar melalui permukaan barang yang terkontaminasi. Virus bisa berpindah melalui tangan orang yang batuk atau bersin, kemudian menyentuh benda.

Upaya pencegahan Covid-19 perlu dimaksimalkan dengan protokol kesehatan mencakup pakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak fisik minimal satu meter dengan orang lain, menghindari tempat ramai atau tempat tertutup dengan ventilasi yang buruk, dan jika diperlukan gunakan face shield.

WHO menegaskan, Covid-19 bukanlah penyakit main-main. Langkah-langkah pencegahan perlu dilakukan untuk melindungi diri dan orang-orang terdekat dari risiko penularan Covid-19.

"Jika Covid-19 ada di lingkungan Anda, lakukan tindakan pencegahan mulai dari jaga jarak, pakai masker, usahakan ruang berventilasi baik, hindari keramaian, rajin cuci tangan, dan tutup mulut dengan siku atau tisu saat batuk," tulis WHO dalam laman resminya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews