Belum Ada Agen yang Mengklaim 2 Super Tanker Tangkapan Bakamla

Belum Ada Agen yang Mengklaim 2 Super Tanker Tangkapan Bakamla

Dua Super Tanker diamankan Bakamla. (Foto: Dok. Batamnews)

Batam - Terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan dua super tanker milik asing, MT Horse dan MT Freya, Bakamla akan melakukan gelar perkara.

Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Laksamana Pertama (Bakamla) Hadi Pranoto mengatakan, pihak mana yang akan menangani penyidikan akan segera ditentukan.

Kedua super tanker tersebut diamankan di perairan Pontianak, pada Minggu (25/1/2021) karena melakukan aktivitas ilegal berupa transfer Bahan Bakar Minyak (BBM). Bakamla saat ini menggiring kapal tersebut ke Batam untuk dilakukan penyidikan.

“Pada dasarnya Bakamla yang punya penyidikan di wilayah laut perairan indonesia,” ujar Hadi saat memberikan keterangan pers di Dermaga Utara Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (28/1/2021). 

Ia menyebutkan pihaknya akan melakukan pendalaman kembali atas pelanggaran yang dilakukan MT Horse dan MT Freya. 

Hal ini karena pelanggaran tersebut dilakukan di wilayah perairan Indonesia. Bakamla diberi waktu selama 7 hari untuk menahan dua super tanker tersebut.  “Belum diputuskan pihak mana yang akan melakukan penyidikan,” kata dia. 

Untuk diketahui MT Horse berbendera Iran sedangkan MT Freya berbendera Panama. Sampai saat ini belum ada agen yang mengklaim dua super tanker tersebut.

Mengenai tekanan dari pihak luar negeri, Hadi mengatakan belum ada hingga kini. Sedangkan untuk komunikasi dengan pihak luar, Hadi menyampaikan hal itu sudah diwadahi oleh Kemlu.

“Kami sudah bekerjasama dengan Kemlu, kami juga berhubungan baik secara nasional maupun internasional,” katanya. 

Untuk muatan kapal, Hadi menyebutkan MT Horse memiliki muatan berupa bahan bakar minyak (BBM) sekitar 284 ribu metric ton, dengan anak buah kapal (ABK) yang terdiri dari 36 Warga Negara Asing (WNA) asal Iran.

Kemudian MT Freya yang berbendera Panama, memiliki 25 orang ABK merupakan WNA asal China. “Kondisi ABK, semuanya sehat, dan sudah rapid antigen oleh Bakamla,” kata dia.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews