Cara Baru Tim Medis China Deteksi Virus Covid-19, Tes Swab Anal

Cara Baru Tim Medis China Deteksi Virus Covid-19, Tes Swab Anal

Ilustrasi.

Beijing - China menerapkan cara baru untuk tes swab guna menguji seseorang yang dianggap berisiko tinggi tertular virus Covid-19.

Berbeda dengan cara sebelumnya, cara baru yang diterapkan ini menggunakan metode tes swab secara anal atau melalui bagian dubur.

Stasiun televisi pemerintah, CCTV melaporkan cara ini dianggap lebih efektif dalam mendeteksi virus.

Pihak resmi mengambil tes swab anal dari penduduk lingkungan dengan kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di Beijing pekan lalu, kata penyiar CCTV, sementara mereka yang berada di fasilitas karantina yang ditunjuk juga telah menjalani tes.

Wabah kecil yang terlokalisasi dalam beberapa pekan terakhir telah menyebabkan beberapa kota di China utara ditutup dari seluruh negara dan mendorong kampanye pengujian massal - yang hingga sekarang sebagian besar dilakukan menggunakan penyeka tenggorokan dan hidung.

Tetapi metode tes swab anal "dapat meningkatkan tingkat deteksi orang yang terinfeksi" karena jejak virus bertahan lebih lama di anus daripada di saluran pernapasan, kata Li Tongzeng, seorang dokter senior dari Rumah Sakit You'an Beijing, kepada CCTV.

CCTV mengatakan pada hari Minggu tes swab anal tidak akan digunakan seluas metode lain, karena teknik itu "tidak nyaman’ digunakan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews