Seorang TKA China Pekerja PT BAI Positif Covid-19

Seorang TKA China Pekerja PT BAI Positif Covid-19

PT. Bintan Alumina Indonesia (Foto:Ary/Batamnews)

Bintan - Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), kembali bertambah 9 orang. 1 diantaranya merupakan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Shandong, China yang bekerja di PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF Isnaeni membenarkan adanya TKA China yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut. TKA itu seorang pria berinisial HW berusia 43 tahun.

"Jadi ada tambahan 9 orang dari tanggal 22-24 Januari. Dari tambahan pasien positif itu, salah satunya TKA yang bekerja di PT BAI," ujar Gama, Selasa (26/1/2021).

Khusus TKA, kata Gama awalnya sehat-sehat saja. Namun setelah yang bersangkutan berpergian ke Tanjungpinang dan pulangnya langsung mengalami gejala lemas. Lalu diperiksa kesehatannya di RSAL Dr Midiyato Suratani Tanjungpinang.

Disana pihak medis mengambil swab tenggorokan dan hidungnya bersangkutan untuk di tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Hasilnya pria tersebut dinyatakan positif Covid-19.

"Jadi pada tanggal 23 Januari dia dinyatakan positif Covid-19, lalu ditetapakan sebagai pasien kasus ke 502. Kini dia menjalani isolasi mandiri di tempatnya bekerja karena pihak perusahaan di sana menyediakan ruang isolasi," jelasnya.

Sedangkan pasien lainnya yaitu dari Kecamatan Bintan Timur sebanyak 3 orang. Kesemuanya adalah pria diantaranya pasien kasus ke 501 yaitu Her (58), pasien kasus ke 503 yaitu M.N (51), pasien kasus ke 504 yaitu ZSA (10).

Lalu, dari Kecamatan Seri Kuala Lobam ada pasien perempuan kasus ke 505 yaitu RAR (22) dan pasien 506 yaitu HP (37) merupakan yang merupakan perempuan asal Kota Tanjungpinang.

Kemudian tiga lagi dari Kecamatan Bintan Utara. Kesemuanya juga seorang pria yaitu HH (31) ditetapakan sebagai pasien kasus ke 507, Mus (56) pasien kasus ke 508 dan YC (15) pasien kasus ke 509.

"8 pasien lainnya juga melakukan isolasi secara mandiri," jelasnya.

Hingga kini jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bintan mencapai 509 orang. Dari total itu sebanyak 463 orang dinyatakan sembuh dan 11 orang meninggal dunia. Sehingga kini jumlah pasien yang masih positif Covid-19 tinggal 35 orang.

"Kasus Covid-19 ini terus mengalami peningkatan setiap hari. Jadi kita minta dan mohon kepada masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan (prokes). Karena itu kunci dari pencegahan virus ini," pungkas Gama.

(ary)
Komentar Via Facebook :