Jokowi Targetkan Masyarakat Umum Divaksinasi Covid-19 Mulai Februari 2021

Jokowi Targetkan Masyarakat Umum Divaksinasi Covid-19 Mulai Februari 2021

Presiden Jokowi disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua. (Biro Setpres)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan vaksinasi Covid-19 tahap pertama bisa disuntikan kepada masyarakat umum pada Februari 2021. Hal tersebut dilakukan setelah para tenaga kesehatan dan perawat selesai divaksinasi.

"Pertama memang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dokter dan perawat ini kemudian yang berikutnya TNI, Polri serta pelayan publik serta masyarakat. Ini bersamaan saya kira di bulan Februari pertengahan sudah masuk ke sana," kata Jokowi usai divaksinasi Covid-19 dosis kedua di sisi barat halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021).

Kemudian, Jokowi pun berpesan kepada masyarakat jika sudah divaksinasi tetap menjaga protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak.

"Meskipun nantinya sudah divaksin kita tetap jangan lupa protokol kesehatan tetap dijaga secara disiplin memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak itu penting, karena kuncinya itu. Selain vaksinasi kunci yang kedua adalah kurangi mobilitas," ungkap Jokowi.

Sebelumnya diketahui, Kementerian Kesehatan melaporkan jumlah orang yang sudah divaksinasi Covid-19 di Indonesia mencapai 245.685 orang. Target orang yang harus divaksinasi tahap pertama sebanyak 1.487.466 Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK).

Namun, total sasaran vaksinasi untuk semua tahapan sebanyak 181.554.465 orang. Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Kesehatan melalui kemkes.go.id ini, baru 16,51 persen orang yang divaksinasi pada tahap pertama dari target ditetapkan pemerintah.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi mengatakan hingga akhir Januari 2021 ditargetkan ada 500 ribu SDMK divaksinasi. Sedangkan pada Februari 2021 bertambah menjadi 900 ribu.

"Target Maret 80.000," kata Nadia, Selasa (26/1).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews