Tol Laut Segera Tiba di Kepri Bawa Bahan Pokok untuk Wilayah Terpencil

Tol Laut Segera Tiba di Kepri Bawa Bahan Pokok untuk Wilayah Terpencil

ilustrasi.

Bintan - KM Logistik Nusantara 4 akan tiba di Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Kamis (21/1/2021) malam.

 

Kapal tol laut itu akan mengirimkan dan mendistribusikan bahan pokok dan bahan penting (bapokting) dari ibukota ke wilayah tertinggal, terdepan, terluar dan perbatasan (3TP) di Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kijang, Aan Anwar mengatakan KM Logistik Nusantara 4 ini melayani Trayek T-3 yaitu Tanjung Priok-Kepri. Rute tersebut merupakan wilayah yang masuk ke dalam 3TP.

"Rute yang dilayari kapal tol laut ini mulai dari Tanjung Priok - Kijang - Tarempa - Pulau Laut - Selat Lampa - Subi - Serasan - Midai - Tanjung Priok," ujar Aan, Selasa (19/1/2021).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) senantiasa berkomitmen untuk melayani masyarakat khususnya di wilayah 3TP. Khususnya dalam mendukung hasil komoditi unggulan atau bapokting untuk didistribusikan ke seluruh penjuru nusantara.

Maka untuk melayani itu semua dikirimkan kapal tol laut buatan 2008 tersebut. Kapal berkapasitas 3.900 GT ini nantinya akan melayani pengangkutan pengiriman muatan ke seluruh pelabuhan singgah, yaitu Jakarta-Kepri.

"Pengiriman muatan menggunakan dry kontainer kapasitas 20 ton/m3 dan muatan beku menggunakan reefer kontainer kapasitas 20 ton/m3," jelasnya.

Sebenarnya kapal kargo dengan panjang 89,99 meter dan lebar 15 meter ini tiba di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Selasa (19/1/2021). Namun dikarenakan cuaca buruk, kedatangan kapal itu diitunda dan rencananya akan tiba disini, Kamis (21/1/2021) malam.

"Kedatangan kapal tol laut ini ke Kijang menjadi perdana di 2021. Tapi kalau jadwal pastinya dalam sebulan kita belum tau," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews