Camat Ajak Kades di Singkep Barat Lingga Siaga Bencana

Camat Ajak Kades di Singkep Barat Lingga Siaga Bencana

Camat Singkep Barat, Febrizal Taufik mengecek peralatan yang disiagakan untuk menghadapi bencana (Foto:ist)

Lingga - Camat Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), Febrizal Taufik mengajak seluruh Kepala Desa (Kades) yang ada di kecamatan tersebut untuk siaga terhadap bencana alam, salah satunya banjir.

Hal ini disampaikan Taufik usai apel kesiapan penanganan bencana yang dilaksanakan di Kantor Camat Singkep Barat, Jumat (15/1/2021).

"Ada beberapa desa yang kita anggap rawan dan kita waspadai seperti Desa Pengambil, Kuala Raya, Tanjung Irat dan Desa Tinjul. Dan kepada seluruh kades kita imbau untuk mempersiapkan diri lebih dini," ujarnya.

Dengan begitu, pada apel tersebut pihaknya juga membentuk pos terpadu siaga bencana dengan beberapa instansi dari TNI-Polri, Puskesmas, Tagana dan Satpol PP. Ini dilakukan sesuai dengan imbauan Bupati Lingga.

"Agar kedepannya tidak terjadi hal-hal yang diluar dugaan sehingga kita perlu mempersiapkan tempat dan alat-alat yang diperlukan jika terjadinya bencana," sebutnya.

Taufik menyampaikan, untuk tempat singgah pihaknya juga telah mempersiapkan seperti ada beberapa kamar dan tempat tidur bagi korban bencana.

"Kita telah mempersiapkan tempat singgah di samping Kantor Camat Singkep Barat yang kita jadikan sebagai posko terpadu tanggap darurat," ucapnya.

Lanjut Taufik, sejauh ini untuk perkembangan di wilayah Singkep Barat tidak begitu besar musibah yang terjadi. Hanya air besar yang menggenangi beberapa wilayah.

Namun demikian, pihaknya tetap mempersiapkan perlengkapan alat seperti, sepatu bot, helm, jas hujan, senso untuk pohon-pohon tumbang dan juga APAR jika cuaca hujan tinggi bisa terjadi konsleting-konsleting.

"Untuk personil kita mempersiapkan dari Polsek Singkep Barat, bersama Babinkamtibmas, Danramil bersama Babinsa, Lanal dari Danposnya dan AURI siap untuk membantu kita, begitu juga rekan-rekan Tagana, Satpol PP, dan petugas kesehatan," pungkas Taufik.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews