https://www.batamnews.co.id

Kepala BIN Daerah Kepri Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Kabinda Kepri Brigjen Pol Dr Riza Celvian Gumay menerima suntik vaksin Covid-19 disaksikan Gubernur Isdianto. (Foto: Sutana/batamnews)

Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri memastikan vaksin Covid-19 bermerek Sinovac asal China dipastikan aman dan halal untuk disuntikkan ke masyarakat. 

Hal ini disampaikan Gubernur Kepri Isdianto saat membuka secara langsung penyuntikan vaksin Covid-19 perdana Provinsi Kepri di RSUP Raja Ahmad Thabib, Kamis (14/1/2021). 

Isdianto meminta masyarakat Kepri untuk tidak ragu dan bimbang terhadap vaksin yang disuntikkan. 

"Kami harap masyarakat tidak ragu dan bimbang lagi, Presiden RI Joko Widodo telah di vaksin dan saat ini Forkopimda Provinsi Kepri juga telah divaksin," ujar Isdianto. 

Selain itu, vaksin bermerek Sinovac tersebut juga telah mendapat sertifikat halal dan izin BPOM untuk disuntikkan ke masyarakat. 

"Semua masyarakat Kepri dipastikan mendapatkan vaksin Covid-19 namun dilakukan dengan bertahap," ujar Isdianto. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS Arif Fadillah mengatakan bahwa penyuntikan perdana Vaksin Covid-19 di Provinsi Kepri ini diikuti seluruh Forkopimda, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta seluruh tenaga kesehatan di Provinsi Kepri. 

"Vaksinasi ini  bertujuan untuk mengurangi transmisi penularan Covid-19 di Provinsi Kepri," ujar Arif. 

Arif mengatakan sebelumnya sebanyak 25.320 dosis vaksin yang dikirimkan ke Provinsi Kepri dalam dua tahap. Yakni, pada tanggal 5 Januari sebanyak 13.000 vaksin dan 12 Januari 12.320 dosis vaksin. 

"Nantinya vaksin ini akan diberikan untuk 262 fasilitas kesehatan baik itu rumah sakit dan puskesmas serta 210 tenaga kesehatan yang dipersiapkan untuk melaksanakan penyuntikan di pulau-pulau," jelas Arif. 

Sementara itu, Kabinda Kepri Brigjen Pol Dr Riza Celvian Gumay menjadi orang pertama di Provinsi Kepri yang mendapatkan vaksin Covid-19 produksi Sinovac dalam pencanangan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Kepri. 

Sebelum vaksin disuntikkan, jenderal polisi bintang satu itu, melakukan registrasi di meja 1, kemudian screening di meja 2, selanjutnya vaksinasi di meja 3, dan terakhir observasi di meja 4. 

Saat proses vaksinasi, Riza didampingi oleh Gubernur Kepri, Isdianto. Setelah Riza, giliran Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, kemudian secara berturut-turut Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto.

Kemudian, Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman, Kepala staf Kogabwilhan I Mayor Jenderal TNI Syafruddin, Kepala Kejari Kepri, Hari Setiyono, dan Anggota DPRD Kepri, Rudi Chua.

(sut)