Bakal Disuntik Vaksin Covid Perdana di Batam, Ini Kata Wawako Amsakar

Bakal Disuntik Vaksin Covid Perdana di Batam, Ini Kata Wawako Amsakar

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat menerima kedatangan sejumlah mobil boks yang mengangkut vaksin Covid-19. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam - Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengaku siap menjalani vaksinasi Covid-19 perdana, Jumat (15/1/2021). Ia bersama 19 orang lainnya akan menjalani vaksinasi pertama kali di Batam.

“Sudah siap, tentu saja,” ujar Amsakar saat menjemput vaksin Covid-19 di Pelabuhan Roro Punggur, Batam, Rabu (13/1/2021).

Selain Amsakar, masuk dalam daftar penerima vaksin Covid-19 pertama kali yaitu Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Untuk persiapan menjalani vaksinasi Covid-19, Amsakar mengatakan sudah menjalani pengecekan kesehatan. Dari mulai cek darah, kolesterol dan suhu tubuh, hasilnya Amsakar dinyatakan sehat.  “Alhamdulilah, menurut informasi medis, saya sehat,” kata dia.

Pelaksanaan vaksinasi tingkat Provinsi Kepulauan Riau, dijadwalkan Kamis (14/1/2021). Setelah itu untuk pemerintah di tingkat kabupaten/kota dijadwalkan pada Jumat (15/1/2020).

“Kami semua sudah siap untuk mendukung vaksinasi nasional dan siap menjadi orang pertama,” jelasnya.

Amsakar mengimbau masyarakat untuk tidak perlu khawatir mengenai vaksin yang dipilih oleh Pemerintah Indonesia, karena telah menjalani uji klinis.

Dua negara yang mengkonfirmasi menggunakan vaksin jenis Sinovac yaitu Jerman dan Brazil.

“MUI sudah oke, BPOM oke, uji klinis sudah, saya pikir kita semua menerima demi kebaikan kita semua,” ucapnya.

Saat ini, sebanyak 11.120 dosis vaksin Covid-19 telah tiba di Batam. Vaksin tersebut akan disimpan di gudang instalasi farmasi milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam di Sekupang.

(ret)