Cara Mengubah Rumah Biasa Menjadi Smart Home!

SMART HOME merupakan ekosistem rumah paling penting di era modern seperti sekarang. Yuk, cari tahu perangkat smart home rekomendasi pilihan dengan harga terjangkau selengkapnya.

Saat ini ekosistem teknologi sudah menjadi hal yang wajib sebagai bagian dari pengembangan Internet of Things (IOT).

Tak hanya konektivitas internet yang lancar, ekosistem rumah berbasis smart home pun menjadi elemen penting yang layak untuk diaplikasikan.

Dalam beberapa waktu belakangan ini pun, sudah banyak perusahaan merek elektronik yang kerap memamerkan inspirasi rumah masa depan berbasis IOT.

Perkembangan rumah pintar pun akan semakin pesat seiring dengan mulainya penerapan 5G secara global dalam jangka panjang.Untuk kamu penggemar teknologi, ada beberapa inspirasi smart home yang bisa kamu aplikasikan di rumah. Seperti apa? Simak pembahasannya berikut ini

Perlengkapan wajib untuk merancang smart home dengan harga terjangkau

Jika kamu berencana membangun ekosistem rumah pintar dengan harga terjangkau, peralatan dan perlengkapan berikut bisa menjadi inspirasi yang menarik.

 

1. Kunci pintu berbasis fingerprint


Engsel pintu dengan kunci biasa mungkin saat ini sudah tak zaman.Alih-alih kunci tersebut bisa saja dijebol oleh orang yang tak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, kamu pun bisa mengganti kunci engsel biasa dengan kunci pintu berbasis digital fingerprint.  

 

2.  Lampu LED pintar berbasis aplikasi

Seiring berjalannya waktu, lampu LED akan menggantikan lampu hemat energi sebagai ekosistem penerangan. Tak hanya sekadar menerangi rumah saja, lampu LED juga mempunyai banyak keunggulan, termasuk sistem kecerdasannya. Di pasaran, kini sudah banyak lampu LED yang bisa dikendalikan oleh aplikasi dengan ribuan bahkan jutaan warna yang siap menerangi rumah.Tak hanya melalui aplikasi, kemampuan lampu LED tersebut kerap dihubungkan dengan kecerdasan buatan, bahkan bisa menerangi rumah sesuai dengan kondisi hatimu. Jika kamu sedang merasa senang, lampu tersebut akan menghasilkan ambient warna-warna cerah. Sebaliknya, jika kamu sedang ingin marah atau kecewa, warna tersebut akan berubah dengan aksen merah atau abu gelap.  

 
3.  Google nest mini smart speaker


 Meski hanya sebuah speaker, namun perangkat ini memiliki fitur kecerdasan yang sangat pintar, sehingga layak untuk diaplikasikan di rumah.  Keutamaan fitur pada Google nest mini smart speaker yakni voice command dan voice recognition yang dapat menunjang segala perintah pada rumah pintar. Dengan kedua fitur tersebut, kamu pun bisa memerintahkan semua peralatan rumah tanpa harus menyalakan saklar.  

 
4. Kamera CCTV interior untuk keamanan


 Sejak dulu kamera CCTV merupakan elemen pengintai yang paling baik dalam sisi keamanan hunian maupun ekosistem.Peranan kamera CCTV pun semakin penting seiring penerapan smart home dalam hunian. Kamu pun bisa mengaplikasikan CCTV kamera berbasis akses IP yang dapat terhubung langsung di dalam rumah.Umumnya, kamera CCTV tersebut bisa kamu posisikan pada beberapa tempat mulai dari bagian dinding maupun kamar.  

 
5. Smart Home Automation

 

jika kamu sering merasa lupa saat mematikan listrik maupun perangkatnya, smart home automation merupakan pilihan yang tepat.Sebab, penggunaan smart home automation ini sarat akan fungsi yang membantu kamu dalam menyalakan maupun mematikan listrik rumah. Tak hanya kedua hal tersebut, kamu pun bisa membuka maupun menutup tirai seperti pada rumah-rumah mewah dengan harga yang mahal.

Kunjungi www.gaiasmartliving.com untuk penawaran terbaik produk smart home.

Bukan hanya sekedar untuk mengikuti perkembangan teknologi, Rumah pintar atau smart home terbukti sangatlah membantu pemilik rumah dalam mengelolah property, mengurangi tagihan listrik/air, meningkatkan keamanan, serta memberikan kenyamanan lebih dibanding rumah konvensional.

Kenapa Smart Home atau rumah pintar dibutuhkan? berikut alasannya:

1.Mengelola Property : "Haxim Smart door lock dapat membantu serah terima kunci digital dengan password yang dapat diatur waktu check in dan check out membantu pemilik memberi akses sementara kepada jasa kebersihan rumah, atau anak kos / airbnb yang menyewa lokasi property tanpa harus takut kunci terduplikasi atau hilang."

2.Mengurangi Tagihan : " Haxim smart sensor, IR remote, Power Strip dapat dimanfaatkan untuk mengurangi tagihan listrik air.

Haxim smart sensor dapat mengecek apakah ada kebocoran pada pipa air atau gas, serta dapat dipakai untuk menutup valve tersebut.  

IR remote dapat dipakai untuk kontrol AC ketika lupa ditutup, sehingga walau sudah di luar rumah, kita tetap bisa menutup melalui ponsel.

Power Strip dapat memotong aliran listrik via ponsel, contoh lupa mematikan rice cooker pada malam hari dapat dibantu dengan satu klik matikan pada ponsel. Ditambah jika pemilik memiliki bisnis property, maka Haxim Smart Home bisa membantu set timer kapan lampu dan AC dapat dinyalakan dengan setting melalui ponsel saja, tidak perlu membeli timer khusus lagi. Sehingga pemanfaatan listrik dan air sangatlah efesien dan tidak boros.

3.Meningkatkan keamanan : "Kamera kita terintegrasi dengan motion detector dan auto screen capture. Dimana bila ada yang melewati kamera kita, maka foto dan alarm akan dikirim ke smartphone kita. Serta sistem penyimpanan di cloud storage sangatlah aman, dan tidak akan ada masalah kerusakan pada hard disk penyimpan karena semua sudah disimpan di awan.

4.Menambah Kenyamanan : Lampu pintar, saklar pintar, serta alat alat lainnya dari Gaia- Haxim Smart home dapat terintegrasi dengan google home. Hal ini membuat kita dapat mengontrol alat rumah tangga dengan aplikasi dan suara tanpa mengurangi keamanan rumah karena sudah ada protokol yang disediakan. Sehingga ketika sudah duduk atau baring diposisi wueenak, kita cukup minta kepada google untuk mematikan lampu atau perangkat lainnya. "Hi google, Matikan Lampu Kamar!" Maka lampu Kamar dengan perangkat Haxim akan mati.

(ADV)

Berita Terkait