Cuaca Buruk Intai Lingga, BMKG: Waspada Banjir hingga Gelombang Tinggi

Ilustrasi

Lingga - Hujan intensitas ringan hingga sedang mengguyur Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), sejak Sabtu (9/1/2021). Hingga hari ini, Minggu (10/1/2021) hujan masih terjadi di Lingga.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, kondisi ini terjadi karena terdapat belokan angin dan adanya sirkulasi siklonik di wilayah Kalimantan Barat.

Hal ini lah yang menyebabkan penumpukan massa udara dan perlambatan kecepatan angin sehingga potensi pembentukan awan di wilayah Kepri berdampak juga untuk wilayah Kabupaten Lingga, yang cenderung lebih signifikan.

"Secara umum kondisi cuaca 3 hari ke depan di wilayah Kabupaten Lingga masih diprakirakan hujan dan berpeluang hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," kata Sahat kepada Batamnews, Minggu (10/1/2021).

Ia pun mengingatkan bagi pemukiman warga di pesisir pantai untuk waspada ketika pasang laut di sertai hujan lebat dan angin kencang, karena dapat terendam dan terseret arus.

"Waspada potensi banjir terjadi di wilayah Lingga akibat akumulasi curah hujan yang terus menerus dan daerah yang resapan airnya kurang baik, pinggiran sungai yang dangkal, serta drainase yang tidak baik," sebut Sahat.

Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan, ia turut mengimbau agar waspada terhadap gelombang tinggi dan angin kencang di wilayah perairan Lingga yang diakibatkan awal Cumulonimbus.

"Perairan Lingga untuk 3 hari ke depan, arah angin Barat Laut hingga Timur Laut, kecepatan angin 09 km/jam hingga 36 km/jam. Gelombang dikisaran 1,25 hingga 2,50 meter dan masuk kategori sedang," pungkas Sahat.

(ruz)