Tunawisma Ditemui Mensos Risma Terindikasi Penyakit Menular

Tunawisma Ditemui Mensos Risma Terindikasi Penyakit Menular

Mensos Tri Rismaharini sambangi tunawisma. [Foto: merdeka.com]

Jakarta - Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Ngapuli Paranginangin mengatakan pihaknya masih menunggu arahan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria menindaklanjuti tunawisma yang sempat ditemui Menteri Sosial Tri Rismaharini. Sebab, tunawisma perempuan tersebut diduga memiliki penyakit menular.

"Kita lagi lapor ke Pak Kadis, Pak Kadis lapor ke Pak Gub Pak Wagub untuk mengarahkan seperti apa, karena dia ada indikasi penyakit kusta," ucap Ngapuli, Jumat (8/1/2021).

Ngapuli membenarkan wanita tunawisma tersebut merupakan pemulung yang tinggal tidak jauh dari area Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Saat ini, pemulung tersebut berada di GOR Tanah Abang, Jakarta Pusat, setelah dibawa Sudin Sosial Jakarta Pusat Kamis malam.

"Setelah kita telusuri memang pemulung ya di kampung-kampung itu pemulung, sekarang semua sudah di GOR," ucapnya.

Sebelumnya Ngapuli mengaku belum menemukan tunawisma yang ditemukan Menteri Sosial Tri Rismaharini di jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Penelusuran tersebut dilakukan Sudin Sosial Jakarta Pusat setelah mendapat permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kita telusuri dari kemarin, dua hari yang lalu kita sudah sisir enggak temu," ujar Ngapuli saat dikonfirmasi, Rabu (6/1).

Ngapuli menyoroti foto-foto tunawisma yang ditemui Risma. Di foto, terdapat tunawisma dengan gerobak dan beberapa kardus. Ia sangsi keberadaan tunawisma di lokasi tersebut.

"Kalau yang gerobak-gerobak yang ada bawa-bawa kardus, bawa karung, itu sebenarnya bukan orang situ dia memang ya mohon maaf mungkin apa ya kalau dia asli pemulung kan mobile saja dia pakai gerobak, jalan. Itu kan nongkrong di situ ada apa ini jadi tanda tanya kita," ucapnya.

Sementara itu Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku selama hidup di Jakarta baru mengetahui ada tunawisma di jalan protokol Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Pengakuan itu diucapkan setelah Menteri Sosial Tri Rismaharini menemukan tunawisma di jalan tersebut.

"Terkait dengan adanya tunawisma di jalan Sudirman-Thamrin memang saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur 4 tahun, baru dengar ada tunawisma di jalan Sudirman-Thamrin," ucap Riza di Balai Kota.

Untuk memastikan kebenarannya, Riza mengatakan ia dan Gubernur Anies Baswedan bergegas memerintahkan Kepala Dinas Sosial untuk mendatangi lokasi dan mencari tahu keberadaan tunawisma itu.

"Kami, saya, Pak Gubernur memerintahkan langsung Kadinsos untuk mengecek siapa orangnya kenapa ada di situ. Setahu kami jalan ke Jalan Sudirman-Thamrin itu cukup jauh," tuturnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews