https://www.batamnews.co.id

Twitter Kunci Akun Donald Trump Imbas Rusuh di Gedung Kongres

Presiden AS Donald Trump. (AFP)

Washington - Twitter menangguhkan akun Presiden AS Donald Trump selama 12 jam dan mengancam akan memblokirnya secara permanen atas "pelanggaran berulang dan berat" terhadap aturan integritas sipil platform media sosial.

Twitter mengatakan pihaknya membutuhkan penghapusan tweet Trump "sebagai akibat dari situasi kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan sedang berlangsung di Washington, DC."

Sikap Twitter muncul setelah pengunjuk rasa pro-Trump menyerbu gedung di Capitol AS dalam upaya untuk memaksa Kongres membatalkan hasil pemilu.

Dikatakan jika tweet, di mana presiden mendorong klaim tak berdasar tentang pemilu, tidak dihapus maka akun tersebut akan tetap terkunci, yang berarti presiden tidak akan dapat men-tweet dari @realDonaldTrump.

Twitter juga mengatakan dalam sebuah tweet bahwa pelanggaran aturannya di masa depan, termasuk integritas sipil atau kebijakan ancaman kekerasan, akan mengakibatkan penangguhan permanen akun tersebut.

Sebelumnya, Twitter menghapus video di mana Trump mengklaim hasil pemilu November itu curang. Video itu juga dihapus oleh Facebook dan YouTube.
 

(gea)