Jokowi Minta Menkes Bisa Selesaikan Program Vaksin Covid-19 Kurang dari Setahun

Jokowi Minta Menkes Bisa Selesaikan Program Vaksin Covid-19 Kurang dari Setahun

Vaksin. (ilustrasi)

Jakarta - Sebanyak 3 juta vaksin Covid-19 merek Sinovac sudah tiba di Tanah Air. Keberadaan vaksin diharapkan dapat menekan penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, bisa menyelesaikan program vaksinasi di Indonesia kurang dari setahun. Meskipun banyak negara memperkirakan proses vaksin akan selesai dalam waktu 3,5 tahun.

"Di negara kita, Insya Allah kemarin saya mendapatkan informasi hitung-hitungan dari Pak Menteri 15 bulan, tapi masih saya tawar, kurang dari setahun harus selesai (vaksinasi)," kata Jokowi saat membagikan sertifikat tanah untuk rakyat di Istana Negara Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Memang, kata Jokowi, dibutuhkan kerja keras agar pandemi Covid-19 di Indonesia berakhir dan masyarakat dapat hidup normal. Terlebih, ada 181 juta masyarakat yang harus disuntik vaksin virus corona.

Kendati vaksin Covid-19 akan mulai disuntikkan, Jokowi meminta semua masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tak berkerumun.

"Karena kuncinya ada di situ (protokol kesehatan), sampai nanti vaksinasi ini selesai," kata Jokowi.

Jokowi sendiri akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19. Dia dijadwalkan menerima suntikkan vaksin Covid-19 buatan Sinovac pada 13 Januari 2021.

Proses penyuntikkan perdana vaksin Covid-19 kepada Jokowi nantinya akan disiarkan secara langsung. Hal ini agar masyarakat percaya bahwa vaksin Covid-19 yang digunakan terjamin keamanannya.

"Iya. Biar masyarakat bisa lihat langsung memberikan semangat bisa dilanjutkan ke daerah-daerah juga ikut. Minimal provinsi kota-kota besar juga ikut melanjutkan," jelas Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews