Jokowi Lantik 6 Menteri Baru di Istana Negara

Jokowi Lantik 6 Menteri Baru di Istana Negara

Presiden Joko Widodo umumkan nama-nama menteri baru [tangkapan layar Setpres]

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 6 orang menteri baru Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/12/2020) pagi ini. 

Prosesi pelantikan saat ini berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi memimpin langsung pengambilan sumpah keenam menteri baru. tersebut

Enam menteri baru itu adalah Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, yang didapuk menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara, yang kini menjadi tersangka KPK dalam perkara dugaan korupsi bantuan sosial Covid-19.

"Pelantikan akan dilaksanakan Insyaallah besok pagi," kata Jokowi usai mengumumkan 6 nama menteri barunya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020) sore.

Kedua, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno, yang diamanahkan menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Ketiga, Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin, menjadi Menteri Kesehatan menggantikan dr Terawan Agusputranto. Dia bukan seorang dokter, melainkan pengusaha dan sebelumnya menjadi direktur utama Bank Mandiri dan direktur utama PT Asahan Alumnunium.

Keempat, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama menggantikan Letnan Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi. Dia adalah Ketua Gerakan Pemuda Ansor yang berada di bawah Nahdlatul Ulama (NU).

Kelima, Wakil Menteri Pertahanan Sakti, Wahyu Trenggono, menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang menjadi tersangka KPK dalam kasus dugaan penerimaan suap terkait penetapan izin ekspor benih lobster.

Keenam, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, M Lutfi, didapuk menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. Luthfi pernah menjadi Menteri Perdagangan pada Februari-Oktober 2014 setelah sebelumnya menjadi Duta Besar Indonesia untuk Jepang pada 2010-2013.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews