Jokowi Umumkan 6 Nama Menteri Baru

Jokowi Umumkan 6 Nama Menteri Baru

Presiden Jokowi. (Foto: kompas.com)

Jakarta - Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan 6 menteri baru di Istana Merdeka, Kamis (22/12/2020).

6 menteri tersebut adalah:

1. Tri Rismaharini yang ditunjuk sebagai Mensos menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi, Risma yang merupakan Wali Kota Surabaya 2 periode. Seperti diketahui periodenya akan berakhir pada 2021. Ia juga merupakan kader PDI Perjuangan sama halnya dengan Juliari.

2 Sandiaga Uno yang ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama. Sandi eks Wagub DKI Jakarta dan Ketua HIPMI ini merupakan rival Jokowi pada Pilpres 2019 lalu, dan merupakan kader Gerindra saat ini.

3. Budi Gunadi Sadikin ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Budi sendiri merupakan eks Dirut BUMN Bank Mandiri, eks Dirut BUMN PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum), dan saat ini menjabat Wakil Menteri BUMN.

4. Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk sebagai Menteri Agama. Yaqut sebelumnya merupakan tokoh muslim sebagai Ketua PP GP Ansor.

5. Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menggantikan Edhy Prabowo yang tersandung kasus korupsi. Wahyu merupakan salah satu tokoh kampanye nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres lalu yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan.

6. Muhammad Lutfi ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan (Mendag). Lutfi merupakan eks Kepala BKPM di era Presiden SBY, dan pernah menjabat sebagai Dubes RI untuk Jepang dan Amerika Serikat.

Jokowi menegaskan pelantikan akan dilaksanakan, Rabu (23/12/2020) pagi. "Insyallah pelantikan akan dilaksanakan besok pagi," ujar Jokowi yang didamping Wapres Ma'ruf Amin.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews