Polisi Sebut Senjata Api Diduga Milik Laskar FPI Rakitan

Polisi Sebut Senjata Api Diduga Milik Laskar FPI Rakitan

Rekonstruksi kasus penembakan anggota FPI di Tol Cikampek.

Jakarta - Bareskrim Polri telah mengetahui berdasarkan hasil uji balistik terkait barang bukti senjata api yang diduga dipakai Anggota Front Pembela Islam (FPI) saat insiden kasus baku tembak di Tol Cikampek, merupakan senjata api rakitan.

 

"Sudah, senjata model revolver non pabrikan (rakitan). Amunisi yang digunakan kaliber 9mm," Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi, saat dikonfirmasi wartawan Minggu (20/12/2020).

 

Polisi melakukan uji balistik dilakukan guna mengetahui adakah hubungan antara barang bukti senjata api dengan proyektil saat baku tembak anggota FPI dan Polisi.

"Uji balistik untuk menentukan hubungan antara proyektil dan senjata yang menembakkan, ada beberapa proyektil yang ditemukan di TKP mobil FPI maupun di mobil petugas Polri. Ini yang perlu ditentukan senjata mana yang menembakkan," terangnya.

Saat ini, polisi tengah fokus mendalami terkait penggunaan senjata api ilegal tersebut. "Penyidik saat ini lebih fokus kepada penggunaan secara tidak sah," jelasnya.

 

Dua pucuk senjata api disita kepolisian saat insiden baku tembak terjadi di Kilometer 50 ruas Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 00.30 WIB, Senin (7/12). Polisi menyebut senjata itu milik laskar khusus FPI.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri mengatakan, senjata yang digunakan oleh kelompok laskar khusus adalah senjata rakitan. Saat ini, senjata itu akan dilakukan uji balistik terlebih dahulu.

Senjata api rakitan dengan peluru tajam 9 mm. Sekarang sedang mendalami semua, mengumpulkan bukti-bukti yang ada termasuk juga kita lakukan olah TKP, uji balistik," kata dia, Selasa (8/12).

Polisi juga sudah mengantongi identitas pemilik senjata api. Menurut Yusri, pemilik senjata api itu sudah meninggal dunia.

"Saya pertegas di sini bahwa senjata api kepemilikan pelaku yang melakukan penyerangan nanti kita akan kami jelaskan lagi, ini sedang dikumpulkan investigasi nanti akan disampaikan kalau sudah lengkap semuanya kepada seluruh teman-teman media yang ada," kata dia.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman membantah membantah laskar FPI menyerang dengan senjata api. Dia juga menyatakan bahwa laskar FPI tidak pernah dibekali senjata api atau senjata tajam.

"Kalau betul, coba itu dicek senpinya, nomor register senpinya, pelurunya itu tercatat. Cek saja, silakan dicek, pasti bukan punya kami. Karena kami tidak punya akses terhadap senpi dan tidak mungkin membeli dari pasar gelap. Jadi bohong, bohong sama sekali," kata Munarman, Senin (7/12) malam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews