Stres hingga Diet, Berikut 4 Sebab Rambut Rontok

Stres hingga Diet, Berikut 4 Sebab Rambut Rontok

Ilustrasi

Jakarta - Rambut rontok merupakan masalah yang kerap terjadi pada pria. Namun, bukan berarti wanita tidak berisiko mengalaminya. Menurut American Hair Loss Association, sekitar 40 persen wanita mengalami masalah kerontokan, terutama saat memasuki usia 50 tahun.

Kerontokan rambut ini sejatinya bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti dikutip dari Healthcom berikut.

1. Kondisi stres

Kondisi stres dapat menjadi pemicu rambut rontok. Pasalnya, saat tubuh dalam keadaan stres, ia akan memproduksi hormon kortisol. Hormon kortisol inilah yang kemudian mempengaruhi folikel rambut dan menyebabkan kerontokan. Kondisi ini diperkirakan dapat berlanjut, bahkan hingga 3 bulan ke depan.

2. Kehamilan

Tentu, selama masa kehamilan tubuh wanita mengalami banyak perubahan. Mulai dari tubuh yang cepat lelah sampai timbulnya masalah kerontokan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, pasalnya hal ini normal terjadi karena perubahan hormonal saat hamil.

Lonjakan kadar hormon progesteron menyebabkan rambut lebih kering, kusam dan rapuh, sehingga mudah rontok.

3. Kurangnya asupan protein

Berdasarkan American Academy of Dermatology, konsumsi protein yang tidak mencukupi jumlah kebutuhan harian dapat memicu kerontokan rambut. Apabila asupan protein terlalu rendah, struktur rambut jadi melemah yang ikut mempengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut. Selain protein protein, ternyata kekurangan zat besi pun dapat membuat rambut mudah patah dan menipis.

4. Diet terlampau ekstrem

Diet ketat sering disebut sebagai salah satu penyebab dari masalah rambut rontok. Pasalnya, berat badan yang turun terlalu cepat berpotensi membuat tubuh jadi stres. Selain itu, porsi makan yang dibatasi membuat tubuh kekurangan zat gizi tertentu, seperti zat besi yang banyak terdapat pada produk hewani.

Diet rendah kalori juga tidak memberikan nutrisi yang cukup untuk memungkinkan tubuh Anda berfungsi dengan normal. Alhasil, rambut akan berguguran satu per satu.

Meski rambut rontok merupakan masalah yang normal dan sering terjadi. Namun, jika rambut rontok Anda jumlahnya sudah lebih dari 100 dan semakin tidak terkendali, jangan dibiarkan. Pasalnya, rambut rontok berlebihan dapat menyebabkan kebotakan.

(ruz)
Komentar Via Facebook :