Metode Phishing Baru Ini Disebut Mampu Curi Password Instagram

Metode Phishing Baru Ini Disebut Mampu Curi Password Instagram

Instagram.

Jakarta - Pengguna media sosial berbasis sharing foto dan video Instagram, melaporkan bahwa mereka diarahkan untuk melakukan penyetelan ulang password. Notifikasi ini berupa pesan pengecoh yang mengaku dari Instagram, padahal bukan.

Seorang pengguna men-tweet: "Apakah ada orang lain yang mendapatkan notifikasi dari Facebook yang mengatakan 'Ketuk untuk mengatur ulang kata sandi Instagram Anda dengan tautan http://ig.me?' Saya tidak yakin kalau itu benar-benar dari Instagram."

Pengguna lain menulis: "Jika Instagram hanya mengirimi saya SMS untuk menyetel ulang sandi, itu berarti seseorang mencoba meretas saya."

Mengutip laman Mirror via Tekno Liputan6.com, pesan tersebut bukan dari Instagram dan kemungkinan besar adalah penipuan phishing baru yang dirancang untuk mencuri kata sandi pengguna dan mengakses akun mereka.

Penting untuk diperhatikan bahwa Instagram hanya akan memberi tahu jika Anda perlu memperbarui kata sandi melalui email ke alamat email resmi Anda.

"Apa yang perlu disadari oleh konsumen adalah bahwa jenis teks palsu ini biasanya dieksploitasi dengan cara tertentu oleh peretas sehingga penting bagi mereka untuk tidak mengeklik tautan yang ada di dalamnya dan menghapusnya sekaligus," kata Ray Walsh, Pakar Privasi dari ProPrivacy.

 

Jika Terlanjur

Walsh menyarankan, jika tautan diklik secara tidak sengaja, pengguna harus memutuskan sambungan perangkat dari internet dan menutup halaman.

Untuk diketahui, Instagram baru-baru ini meluncurkan pembaruan yang memungkinkan Anda untuk melihat kapan secara resmi Instagram menghubungi Anda melalui email.

Cukup buka aplikasi Instagram, pilih Pengaturan> Keamanan> Email dari Instagram.

Walsh menambahkan fitur ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan kejelasan mutlak tentang apakah Instagram telah mencoba untuk menghubungi Anda dan memastikan bahwa pengguna dapat mendeteksi email phishing jika mereka menerimanya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews