https://www.batamnews.co.id

KPU Kirim Kotak Suara, APD dan Disinfektan ke Kawasan Pesisir Bintan

Aparat keamanan mengawasi proses pengangkutan logistik pilkada Bintan. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan - KPU Bintan mengirimkan logistik Pilkada Bintan 2020 sebanyak 90 kotak untuk 3 kecamatan yang berada di wilayah pesisir Kabupaten Bintan, Sabtu (6/12/2020). Pengirimannya dilakukan menggunakan transportasi laut.

Komisioner KPU Bintan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Haris Daulay mengatakan logistik pilkada mulai dikirimkan hari ini. Diantaranya untuk Kecamatan Tambelan, Bintan Pesisir dan Mantang.

"Logistik untuk Tambelan dikirimkan menggunakan Kapal Pelni Sabuk Nusantara 80. Sedangkan Bintan Pesisir dan Mantang dikirimkan dengan pompong," ujar Haris.

Untuk Tambelan dikirimkan logistik sebanyak 30 kotak yang diperuntukan 14 TPS. Lalu Bintan Pesisir sebanyak 38 kotak untuk 18 TPS dan Mantang sebanyak 22 kotak untuk 10 TPS.

Logistik yang dikirim meliputi surat suara beserta perlengkapan pemilihan. Kemudian perlengkapan TPS seperti ember cuci tangan, alat semprot disinfektan beserta bahan-bahan yang digunakan. 

Lalu juga dikirimkan perlengkapan protokol kesehatan seperti alat pelindung diri bagi petugas, dan juga sarung tangan pemilih.

"Dengan rincian 2 kotak untuk masing-masing TPS dan 2 kotak untuk hasil rekapitulasi penghitungan suara di kecamatan," jelasnya.

Komisioner KPU Bintan Divisi SDM dan Parmas, Syamsul mengaku logistik yang dikirimkan ke 3 kecamatan itu jumlahnya tidak jauh seperti Pemilu 2019 lalu. 

Namun yang membedakan, untuk pilkada tahun ini ada APD untuk KPPS sebab dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19.

"Yang pastinya jumlah surat suara yang dikirimkan berdasarkan dari jumlah DPT di setiap kecamatan ditambah 2,5 persen. Itulah yang dikirimkan hari ini," katanya.

Dia memastikan surat suara dan lainnya yang dikirimkan hari ini tidak mengalami kerusakan. Kemudian jumlahnya juga sudah sesuai.

(ary)