Jemaah Umrah Saat Pandemi Tak Bisa Bawa Pulang Air Zamzam

Jemaah Umrah Saat Pandemi Tak Bisa Bawa Pulang Air Zamzam

Ilustrasi

Jakarta - Wakil Sekjen Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Rizky Sembhada meminta agar agen travel penyedia umroh dan jemaah umroh tidak mengharapkan bisa membawa pulang air zamzam.

Hal ini karena Arab Saudi tidak menyediakannya saat umroh pada pandemi Covid-19 ini. Arab Saudi membuka pintu bagi jemaah umroh dari dua negara saat pandemi virus Corona. Yakni, cuma dari Indonesia dan Pakistan.

Pelaksanaan umroh diiringi dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Di antaranya pembatasan kuota umroh, wajib memakai masker, dan karantina di hotel di Arab Saudi sebelum jemaah bisa menjalankan umroh.

Selain itu, Arab Saudi tidak memberikan air zamzam kepada jemaah umroh kali ini.

"Saat ini, tidak ada kebijakan pemberian air zamzam, jadi pulang dari umroh kemarin tidak membawa air zamzam," kata Rizky dalam IGLive bersama detikTravel Umroh Saat Pandemi Yes or No?

"Jangan sampai jemaah protes dan travel juga menjanjikan air zamzam. Travel harus memberi tahu, jangan jadi blunder untuk travel," dia menambahkan.

Dikutip dari CNN, air zamzam memang menjadi salah satu buruan jemaah umroh. Air ini disucikan umat Islam dan dipercaya bisa memberi pengobatan.

Berdasarkan beberapa penelitian, air tersebut disebut efektif mengobati kanker dan menghambat pertumbuhan tumor. Air zamzam disebut memiliki sifat oncolytic (sifat pencegahan dan penumpasan sel kanker) yang unik. Sebab, air zamzam memiliki faktor nekrosis antitumor yang kuat (TNFα) dan efek pada interleukin I (IL1).

Zamzam pun memiliki efek antiinflamasi yang kuat, sehingga mampu mengurangi peradangan, meredakan nyeri dan menurunkan demam.

Selain itu, air zamzam ini juga diteliti mampu memberikan perlindungan beberapa penyakit seperti seperti katarak kongenital, masalah nefrogenik, dan diabetes.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews