Biaya Tambahan Bikin Harga Vaksin Moderna Makin Mahal

Biaya Tambahan Bikin Harga Vaksin Moderna Makin Mahal

Ilustrasi.

Frankfurt - Produsen vaksin Covid-19 Moderna akan mengenakan biaya tambahan kepada negara-negara yang membeli vaksin, tergantung jumlah yang dipesan.

Kepala Eksekutif Moderna, Stephane Bancel mengatakan besaran biaya tambahan itu antara $ 25 dan $ 37 dolar Amerika per dosis kandidat vaksin Covid-19.

"Karena itu, biaya vaksin kami hampir sama dengan suntikan flu, yaitu antara $ 10 dan $ 50 dolar Amerika," kata Bancel kepada media Jerman, Jerman Welt am Sonntag (WamS) dikutip Batamnews, Senin (23/11/2020).

Pada Senin (16/11/2020), seorang pejabat Uni Eropa yang terlibat dalam pembicaraan tersebut mengatakan Komisi Eropa ingin mencapai kesepakatan dengan Moderna untuk penyediaan jutaan dosis calon vaksinnya dengan harga di bawah $ 25 dolar Amerika per dosis.

"Belum ada yang ditandatangani, tapi kami hampir mencapai kesepakatan dengan Komisi Uni Eropa. Kami ingin mengirimkannya ke Eropa dan sedang dalam pembicaraan konstruktif," kata Bancel kepada WamS, menambahkan itu hanya dalam "hitungan hari" sampai kontraknya siap.

Moderna mengatakan vaksin eksperimentalnya 94,5 persen efektif dalam mencegah Covid-19, berdasarkan data sementara dari uji klinis tahap akhir, menjadikan mereka sebagai pengembang kedua yang melaporkan hasil yang jauh melebihi harapan setelah Pfizer dan mitranya BioNTech.

UE telah melakukan pembicaraan dengan Moderna untuk vaksin Covid-19 eksperimental setidaknya sejak Juli.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews