Pjs Gubernur Kepri Prediksi Kasus Covid Meningkat, Jika Hal Ini Terjadi..

Pjs Gubernur Kepri Prediksi Kasus Covid Meningkat, Jika Hal Ini Terjadi..

Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin. (Foto: Sutana/Batamnews)

Bintan - Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin kembali mengingatkan seluruh kepala daerah di Kepri untuk tegas dalam menegakkan aturan terkait protokol kesehatan.

Ia memprediksi kasus Covid tetap akan naik jika pemda abai dan melonggar."Bila penegakan hukum prokes ini abai, maka dipastikan jumlah kasus positif Covid-19 akan terus naik," kata Bahtiar saat kunker sekaligus penyerahan bantuan 100 ribu masker ke Pemkab Bintan, Selasa (17/11/2020).

Dengan longgarnya penegakan aturan prokes, dikatakan Bahtiar, yang akan dirugikan bukan hanya orang pelanggar saja, namun orang lain di sekitarnya dan juga termasuk di keluarganya.

Untuk itu, Dirjen Polpum Kemendagri ini mengingatkan agar pemerintah daerah dalam hal ini bupati dan wali kota agar pro-aktif menegakkan hukum terhadap pelanggar prokes.

"Tegakan aturan, jangan menyepelekan hal ini. Sebab, sebaran virus corona di Kepri dan umumnya Indonesia semakin banyak yang menjadi korban positif dan juga hingga meninggal dunia," tuturnya.

Bahtiar juga mengharapkan kepada kepala daerah memperhatikan prokes bagi masyarakat di pesisir dan daerah lainnya dengan memberikan masker, handsanitizer dan alat kesehatan lainnya.

"Pemerintah harus menjamin kesehatan masyarakatnya di tengah pandemi Covid-19 ini. Untuk itu, kita harus menyiapkan fasilitas kesehatan dengan baik untuk masyarakat," harapnya.

Aparat penegak hukum dan pemerintah harus bertindak tegas dan tidak ragu-ragu bila ada pelanggar prokes. Jangan membiarkan pelanggaran terjadi yang akan membahayakan kesehatan bersama.

"Sekecil apapun pelanggaran prokes harus ditindak. Jangan sampai justru menjadi bumerang bagi semuannya," tegas Bahtiar.

Sementara itu Pjs Bupati Bintan Buralimar mengatakan, Pemkab Bintan telah miliki Perbup penanganan Covid-19. Namun diakui Buralimar, di Bintan kasus masyarakat terkonfirmasi positif Covid-19 memang mengalami peningkatan.

"Kami sudah jalankan perbup tersebut, bahkan tim gabungan gugus tugas Covid-19 di lapangan telah bekerja menegakan disiplin prokes ini," kata Buralimar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews