Menpora: Kalau Tidak Punya Grand Design Olahraga Nasional Jangan Harap Prestasi

Menpora: Kalau Tidak Punya Grand Design Olahraga Nasional Jangan Harap Prestasi

Menpora, Zainudin Amali.

Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka acara uji publik grand desain keolahragaan di JW Marriott Hotel, Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (12/11/2020).

Dengan uji publik ini, diharap prestasi olahraga Indonesia dapat meningkat. Untuk itu ia mengajak seluruh stakeholder terlibat.

"Kalau tidak punya grand desain keolahragaan nasional, jangan harap prestasi ataupun ekspektasi. Untuk itu, saya ketika dilantik sebagai Menpora RI, saya mengajak stakeholder, pihak-pihak dan mitra terkait, ayo kita bikin grand desain keolahragaan nasional serta road map-nya. Ini penting untuk prestasi," kata Menpora RI mengawali sambutannya.

Menurut Menpora RI, prestasi olahraga dibeberapa cabang olahraga sudah baik. Tapi, atlet pelapis dinilai belum bisa bersaing dengan seniornya. Untuk itu, pembinaan atlet usia dini sangat perlu disiapkan demi prestasi di masa mendatang.

"Niat baik ini dapat dukungan dari Komisi X DPR RI. Saya sampaikan saat raker dan setuju. Kemudian kita susun dan kita libatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, stakeholder olahraga, dan lainnya. Prestasi selama ini ada atlet bagus hebat, tetapi tidak ada pelapis. Untuk itu, kita persiapkan atlet-atlet sejak dini untuk pertandingan yang akan datang," ujar Menpora RI.

Lebih lanjut, Menpora RI menerangkan, grand desain keolahragaan nasional ini juga sebagai panduan untuk tujuan meraih prestasi. Saat ini, pemerintah terus mempersiapkan diri agar bisa menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Berarti, sekitar dua belas tahun dari sekarang kita harus siapkan. Kita sukses menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018. Dengan pengalaman itu kita harap kita bisa menjadi tuan rumah. Selain itu, kita juga siapkan prestasi. Jadi, apa yang kurang atau ada yang ingin ditambah serta masukan, di sini kita sampaikan saat uji publik," terangnya.

 

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut baik uji publik grand desain keolahragaan nasional. Gubernur yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora RI dan Menpora RI yang sudah mempercayakan Medan sebagai uji publik untuk grand desain keolahragaan Indonesia.

"Ini sangat baik untuk keolahragaan nasional, khususnya Sumatera Utara. Saat ini, kita sedang siapkan Sport Centre di atas tanah seluas 300 hektare. Kami siapkan untuk fasilitas olahraga baik nasional maupun internasional. Ground breaking sudah dilakukan. Kami mohon dukungan dari Pak Menpora dan kami yakin ini berhasil," kata Gubernur Edy.

Sementara, Rektor Universitas Negeri Medan, Syamsul Gultom menyambut baik uji publik ini. Grand desain keolahragaan, menurutnya penting untuk prestasi olahraga nasional.

"Grand desain ini menjadi acuan kita untuk program kedepannya. Rasanya perlu uji publik di seluruh Indonesia agar dapat dipahami seluruh elemen. Semoga ini bisa membawa kemajuan olahraga di tingkat nasional dan internasional," kata Syamsul.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews