IPAL Jadi Sarana Penanggulangan Pencemaran Air Limbah

IPAL Jadi Sarana Penanggulangan Pencemaran Air Limbah

Batam - Selama ini waduk Duriangkang terus teraliri limbah domestik dari kawasan pemukiman di area Batam Center.

Jika pencemaran air limbah terus terjadi secara terus menerus, maka waduk Duriangkang bisa mengalami sedimentasi dengan tingkat tinggi, dan mampu mempengaruhi kualitas air waduk.

Selain mencemari sumber air minum di waduk, limbah domestik juga terus mencemari perairan sekitar terutama daerah tepi laut seperti Batam Kota, Bengkong, dan Tanjung Uma.

Perairan yang telah tercemar air limbah dalam jangka waktu lama, akan mengalami penurunan daya dukung lingkungan, selain itu lingkungan jadi tidak sehat dan berbau.

Dalam penanggulangan pencemaran air limbah, Badan Pengusahaan (BP) Batam terus melakukan berbagai upaya melalui pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah Domestik (IPAL).

Pada tahap 1 ini BP Batam menargetkan 11 ribu sambungan rumah terhubung dengan pusat pengolahan limbah. Limbah domestik masyarakat, akan mengalir di pipa secara gravitasi menuju stasiun pompa. Saat ini, ada 5 stasiun pompa yang dibangun di Batam.

Dari stasiun pompa akan didorong ke WWTP Bengkong Sadai untuk diolah menjadi pupuk dan air baku. Limbah yang masuk ke WWTP akan dinetralisir di Food Chain Reactor (FCR) menggunakan bakteri yang akan memakan zat pencemar dalam air limbah.

Dari bangunan FCR limbah akan dialihkan ke bangunan sedimentasi untuk pengendapan limbah yang telah diolah, limbah yang telah diendapkan akan kembali dipisah dan di netralisir menggunakan teknologi deodorization untuk menghilangkan bau.

Pengolahan limbah domestik ini akan menghasilkan 230 liter air bersih per detik, dan 18 m2 air pupuk kompos. Air tersebut akan dialirkan ke waduk Baloi atau waduk Duriangkang dalam bentuk air baku.

"Air ini sebenarnya bisa langsung dimanfaatkan, namun karena images nya air limbah jadi kami netralisir lagi di waduk," ujar Iyus.

Rumah-rumah yang telah terhubung pipa IPAL nantinya tidak lagi membutuhkan saptic tank, karena limbah domestik masyarakat akan langsung terkoneksi ke pengolahan air limbah melalui pipa sambungan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews