Sosok MA Terduga Kelompok Teroris di Batam

Sosok MA Terduga Kelompok Teroris di Batam

Rumah kediaman MA terpantau lengang.

Batam -Tetangga MA alias Abu Al Fatih kaget, setelah terjadi penangkapan oleh Densus 88. MA disebutkan terkait dengan kelompok teroris. Warga di Perumahan Citra Laguna Tahap III, Kelurahan Tembesi, Sagulung pun heboh.

Rumah MA sendiri terpantau lengang, Selasa (10/11/2020). Rumah yang berada di Blok G2 Nomor 17, RT 05/23 itu pun terkunci dari dalam dengan pintu teralis besi. Sejumlah orang yang ada di dalam rumah, keluarga MA menutup diri.

Sementara itu, tetangga mengatakan MA sebagai sosok pendiam. “Pendiam sih, tidak banyak ngobrol. Kami juga yang di sini dengar dia ditangkap,” ujar salah seorang warga

“Kalau ada goro (gotong royong) dia ikut kok, tapi memang pendiam orangnya,” katanya.

Warga kaget mendengar dari keterangan polisi, bahwa MA memang sudah lama diincar terkait terorisme. "Katanya sudah 4 bulan dia diincar,” ucap warga.

Diberitakan, Densus 88 menangkap 6 orang diduga kelompok teroris. Keenam orang itu ditangkap di tiga wilayah, yakni Lampung, Sumatera Barat, dan Batam.

Di Lampung tercatat ada 4 orang yang ditangkap. Dua di antaranya berinisial SA dan I, yang tergabung dalam kelompok Imarudin di bawah pimpinan Para Wijayanto. Dari kedua pelaku, polisi menyita 21 barang bukti.

"Inisial SA, merupakan anggota kelompok Jamaah Islamiah dari di bidang Kosin, yang tergabung dalam kelompok Imarudin (Banten) di bawah kepemimpinan Para Wijayanto yang di duga sebagai Kosin Wilayah Lampung dan I terlibat dalam pemberian dana Kepada Imarudin," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono,, Minggu (8/11/2020).

Sedangkan dua orang lainnya, yakni inisial S dan RK, terlibat dalam kelompok Adira Lampung. Dari keduanya, disita 56 barang bukti. "S merupakan Bendahara Struktur Adira Lampung. RK adalah sekretaris struktur Adira Lampung," ujar Awi.

Kemudian di wilayah Sumatera Barat, polisi menangkap satu terduga teroris berinisial AD. Terduga ini termasuk kelompok Anshor Daulah Sumatera Barat. "AD alias S Parewa alias Abu Singgalang termasuk dalam kelompok Anshor Daulah Sumatera Barat," ujarnya.

Satu lagi terduga teroris tertangkap di wilayah Batam ialah MA. Awi menyebut MA terlibat dalam Jamaah Anshor Daulah.

"MA Alias Abu Al Fatih ditangkap di akses jalan keluar dari Perumahan Armendo Raya, Punggur. Dia termasuk kelompok Jamaah Anshor Daulah," tutur Awi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews