Waduk Punya Peran Penting Bagi Kehidupan di Batam

Waduk Punya Peran Penting Bagi Kehidupan di Batam

Salah satu waduk di Kota Batam (Foto: istimewa)

Batam - Kota Batam memiliki enam waduk yang bersifat single purpose, yaitu hanya sebagai penyedia air baku. Kondisi Kota Batam yang tidak memiliki mata air, membuat waduk menjadi salah satu sumber kehidupan.

Sekitar 90 persen kebutuhan air bersih di Batam, bergantung pada ketersediaan air di waduk. Waduk juga menjadi sumber air minum satu-satunya.

Tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat, air juga sangat dibutuhkan untuk kebutuhan industri. Ketiadaan air di waduk akan mempengaruhi ekonomi Kota Batam.

"Operasional industri dan proses pembangunan infrastruktur di Batam semuanya membutuhkan air. Sehingga waduk memiliki peran penting bagi kehidupan di Batam," kata Manager Air Baku Badan Usaha Fasilitas Lingkungan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Hadjad Widagdo.

Namun Fungsi Waduk di Batam yang single purpose, hanya mampu untuk penyediaan air baku dari menampung curah hujan yang turun.

Waduk di Batam tidak bisa dimanfaatkan untuk aktivitas lainnya karena tidak memiliki sumber mata air dan hanya bergantung pada curah hujan. Batam tidak memiliki sumber air dari tanah karena jenis lapisan tanah impermeable atau tidak bisa menyerapkan air.

Aktivitas di sekitar waduk baik itu pertanian maupun perikanan akan mempengaruhi kemampuan daya tampung waduk itu sendiri. Kondisi tanah Batam yang spesial membuat waduk-waduk di Batam juga perlu dijaga untuk menjaga ketersediaan air waduk dalam jangka panjang.

Untuk menjaga keberadaan waduk dan ketersediaan air di Kota Batam, Badan Pengusahaan (BP) Batam membagi zona ketahanan waduk menjadi tiga zonasi. Zona pertama waduk itu sendiri, zona kedua 500 meter dari zona inti, dan zona ketiga dari penyangga hingga batas ruang yang ada.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews