Ribuan Siswa Baru SD-SMP di Tanjungpinang Terima Bantuan Perlengkapan Sekolah

Ribuan Siswa Baru SD-SMP di Tanjungpinang Terima Bantuan Perlengkapan Sekolah

Bantuan perlengkapan sekolah disalurkan Pemko Tanjungpinang kepada ribuan siswa baru tingkat SD dan SMP di Kota Tanjungpinang. (Foto: Afriadi/batamnews)

Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menyerahkan secara simbolis seragam dan perlengkapan sekolah gratis untuk siswa baru tingkat SD dan SMP se-Kota Tanjungpinang, Rabu (4/11/2020).

Rahma mengatakan, program bantuan seragam sekolah gratis bagi pelajar tingkat SD dan SMP ini bertujuan meringankan beban orang tua murid. Khususnya di tengah himpitan ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini.

"Sejalan dengan musibah Covid-19, program ini diharapkan mampu mengurangi beban atau biaya yang dikeluarkan orangtua murid untuk menyekolahkan anaknya," kata Rahma.

Ia memaparkan jika pengerjaan seragam sekolah ini memberdayakan para penjahit kelompok usaha kecil menengah di Tanjungpinang. Dengan demikian, secara langsung mereka mendapatkan tambahan pekerjaan dan penghasilan.

"Pengerjannya dilakukan sebanyak 41 UMKM dan 200 tukang jahit yang tersebar di wilayah Kota Tanjungpinang. Tentu ini berdampak positif bagi kelompok penjahit kecil di kota ini," ucap dia.

Rahma mengakui dalam situasi pandemi ini, anak-anak tidak bisa langsung memakai baju seragam dan perlengkapan sekolah baru, karena saat ini peserta didik masih melaksanakan pembelajaran secara daring.

"Alhamdulillah pengadaan pakaian seragam yang dikerjakan oleh UMKM sudah selesai. Hari ini, diserahkan kepada peserta didik," katanya.

Ia berharap Tanjungpinang segera berada di zona kuning atau hijau, sehingga proses belajar mengajar tatap muka kembali dibuka.

"Kita berdoa semoga kondisi ini segera berakhir, supaya baju seragam dan perlengkapan sekolah ini bisa dipakai anak-anak saat sekolah kembali normal," harap Rahma.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Atmadinata menerangkan, anggaran yang digunakan untuk pengadaan seragam dan perlengkapan sekolah bagi siswa-siswi SD dan SMP ini bersumber dari APBD kota Tanjungpinang 2020.

"Total penerima seragam dan perlengkapan sekolah ini berjumlah 7.385 siswa kelas I SD dan kelas VII SMP, baik negeri dan swasta di kota Tanjungpinang," terang dia.

Atmadinata menyebutkan, proses pengadaan seragam dan perlengkapan sekolah SD dan SMP ini dilakukan melalui proses lelang, terdiri dari sepatu, kaos kaki, buku tulis, dan tas sekolah.

Sedangkan pakaian seragam yang terdiri dari seragam SD dan SMP beserta topi dan dasi, baju pramuka dengan topi dan kacu, baju batik, olahraga, dan baju kurung dikerjakan para penjahit UMKM di Kota Tanjungpinang.

Secara rinci, siswa yang menerima pakaian seragam dan perlengkapan sekolah, SD negeri 2.867 orang, siswa SD swasta 946 orang, siswa SMP negeri 2.982 orang, dan siswa SMP swasta 590 orang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews