Bawaslu Bakal Awasi Debat Publik Pilkada Lingga dengan Ketat

Bawaslu Bakal Awasi Debat Publik Pilkada Lingga dengan Ketat

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni (Foto:ist)

Lingga - Debat kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lingga tahap pertama akan digelar pada Rabu (4/11/2020). Ada tiga pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lingga yang bakal adu visi dan misi serta program kerja.

Mereka adalah paslon nomor urut 1 Muhammad Ishak-Salmizi, nomor urut 2 Riki Syolihin-Raja Supri, serta paslon nomor urut 3 Muhammad Nizar-Neko Wesha Pawelloy.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lingga, Zamroni mengatakan, pihaknya selaku pengawas pemilu bakal mengawasi dengan ketat debat tersebut. Tak hanya para paslon, tapi juga latar belakang moderator maupun panelis debat.

"Untuk moderator sendiri harus memiliki intelektual yang cukup agar bisa menghidupkan suasana debat sehingga tidak pasif," kata Zamroni kepada Batamnews, Selasa (3/11/2020).

Ia menegaskan, selain harus dapat menghidupkan suasana debat, sang moderator juga harus menguasai publik speaking serta berimbang agar tidak menguntungkan atau merugikan salah satu paslon.

"Bawaslu Lingga pada prinsipnya akan mengawasi seluruh tahapan Pilkada termasuk agenda debat publik antar pasangan calon yang sudah dijadwalkan oleh KPU. Kita semua berharap semua proses pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Selain itu, Zamroni juga berharap agar semua proses tahapan  Pilkada tahun 2020 ini bisa mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan PKPU Nomor 13 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, dalam kondisi bencana non alam virus Corona.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews