Nenek di Bintan Positif Covid, Begini Dugaan Proses Tertular

Nenek di Bintan Positif Covid, Begini Dugaan Proses Tertular

Lansia. (Foto: ilustrasi)

Bintan - Pasien positif Covid kasus 207 dan 208 di Kabupaten Bintan adalah anak dan ibu. Mereka berdua menjalani isolasi secara mandiri di rumahnya yang berada di Kampung Kolong Enam RT 001/ RW 002, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur (Bintim). Keduanya masuk daftar pasien kasus baru yang terkonfirmasi.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bintan, dr Gama AF Isnaeni, mengatakan dari hasil penyelidikan epidemilogi bahwa pasien kasus 207 yang merupakan seorang wanita lansia terinfeksi virus corona karena berkontak erat atau tertular oleh seorang remaja pria yang merupakan pasien kasus 208.

"Pasien 207 adalah NS atau ibunya dari pasien 208 yaitu NSM. Jadi anaknya yang tanpa sengaja menularkan virus corona tersebut kepada ibunya," ujar Gama, Kamis (29/10/2020).

NSM ini, kata Gama, diduga kuat terinfeksi covid-19 dari klaster luar daerah. Sebab remaja pria berusia 26 tahun ini memiliki riwayat perjalanan dari Kota Batam pada 11 Oktober lalu.

Beberapa hari kemudian NSM mengalami sakit dengan gejala sakit kepala dan lemah. Lalu ibunya sendiri yaitu NS tidak memiliki riwayat perjalanan dari manapun dan juga tidak berkontak erat dengan siapapun selain anaknya. Namun NS juga mengalami sakit dengan gejala batuk-batuk.

"Ibu beserta anaknya ini memeriksakan kesehatannya di Puskesmas Kijang. Selain diperiksa, pihak medis juga mengambil swab tenggorokan dan hidung keduanya," jelasnya.

Pengambilan swab tenggorokan dan hidung keduanya dilakukan sebanyak 2 kali. Yaitu pada 23 dan 24 Oktober. Lalu sampel swab tersebut dikirimkan ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam untuk dicek melalui Polymerase Chain Reaction (PCR).

Lalu pada 28 Oktober hasil PCR Covid-19 telah keluar. Ibu dan anaknya tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Mereka melakukan isolasi secara mandiri di rumah. Kita juga melakukan tracing terhadap orang-orang yang berkontak erat dengan mereka," ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews