Libur Nasional, SAR Tanjungpinang Siaga di Pelabuhan dan Objek Wisata

Libur Nasional, SAR Tanjungpinang Siaga di Pelabuhan dan Objek Wisata

Pantai Trikora. (ilustrasi/Dok. Batamnews)

Tanjungpinang - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Badan SAR Nasional) Tanjungpinang, melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengawasan di area wisata khususnya pantai. Hal ini mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan saat libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa (27/10/2020).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Mu'min menyebutkan, semua kegiatan akan dilakukan sesuai prosedur Covid-19.

"Dalam pelaksanaan siaga SAR khusus ini, penerapan prosedur protokol kesehatan mulai dari pakaian, kemudian tata caranya, dan standar operasional prosedur disesuaikan dengan kondisi Covid-19 saat ini," jelasnya.

Ia mengatakan, siaga SAR khusus akan dilaksanakan mulai dari tanggal 27 Oktober sampai dengan 2 November 2020 mendatang dengan menempatkan personel di sejumlah pelabuhan dan objek wisata.

"Personel akan ditempatkan di antaranya Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Sri Bayintan Kijang, Pelabuhan Telaga Punggur Batam, serta pelabuhan pelabuhan umum yang berada di Kepulauan riau," ujar Mu'min.

Ia menekankan kepada seluruh personel selalu berkoordinasi dengan unsur potensi SAR terkait di lokasi kegiatan.

Mu'min juga berpesan kepada personelnya agar dalam melaksanakan tugas di lapangan tetap menjaga semangat dan selalu memperhatikan faktor keamanan.

"Tetap semangat dalam melaksanakan siaga SAR khusus, hati-hati dan tetap menjaga keselamatan, perhatikan keamanan baik untuk diri sendiri, tim dan juga untuk masyarakat yang ada di lokasi," harapnya.

(adi)