611 Orang Pasien Corona Dirawat di Batam, Kadinkes: Rekor Tertinggi

611 Orang Pasien Corona Dirawat di Batam, Kadinkes: Rekor Tertinggi

Rusun BP Batam di Tanjunguncang yang menjadi lokasi isolasi pasien positif Corona tanpa gejala. (Foto: dok. Batamnews)

Batam - Kota Batam, Kepulauan Riau mencatatkan rekor tertinggi jumlah pasien positif Corona yang dirawat. Ada 611 orang pasien yang dirawat, menurut data Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi membenarkan hal tersebut. 

"Sebagian pasien berasal dari karyawan PT PCI Elektronik Internasional di kawasan industri Mukakuning," kata Didi menjawab Batamnews, Selasa (27/10/2020).

Ledakan kasus Corona ini sebelumnya sudah diantisipasi pihak terkait dengan menyiapkan Rumah Susun Tanjung Uncang dan Balai Pelatihan Kesehatan di Marina, Sekupang sebagai tempat isolasi pasien, terutama yang tidak bergejala.

Menurut Didi, sebagian besar pasien positif Corona dari klaster PT PCI Elektronik Internasional kini diisolasi di Rumah Susun Tanjung Uncang.

Pada pekan lalu, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam melakukan tracing (penelusuran kontak) dilakukan dengan cara pemeriksaan rapid test kepada karyawan PT PCI Elektronik Internasional sebanyak 2.310 orang. 

Dari pemeriksaan tersebut, sebanyak 356 orang karyawan hasilnya reaktif, sememtara itu yang non reaktif sebanyak 1.954 orang. 

Kemudian karyawan yang hasil pemeriksaannya reaktif, selanjutnya dilakukan pemeriksaan Polymare Chain Reaction (PCR) atau pengambilan swab. Dari 356 orang yang diperiksa, 186 orang diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19. 

“Sedangkan 155 orang hasilnya negatif dan 15 orang masih menunggu hasil,” jelasnya. 

Data Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam menyebutkan ada 147 pasien yang kini diisolasi di rusun milik Badan Pengusahaan Batam tersebut.

Sementara, RSKI Covid-19 di Galang yang selama ini menjadi rujukan pasien positif Corona tercatat ada 255 orang yang dirawat.

Secara akumulatif, dengan tambahan 41 kasus ini total ada 2.633 kasus positif Covid-19 di Batam. Rinciannya, 611 orang dirawat. 1.956 orang dinyatakan sembuh, dan meninggal dunia 66 orang.

(dod)