Bea Cukai Kepri Patroli Bersama Awasi Penyeludupan Barang Ilegal

Bea Cukai Kepri Patroli Bersama Awasi Penyeludupan Barang Ilegal

Bea Cukai Kepri dan Polda patroli bersama awasi penyeludupan barang ilegal di wilayah Kepri (Foto:ist)

Karimun - Bea Cukai Kepulauan Riau (Kepri) yang diwakili oleh Tim Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) B Tanjung Balai Karimun, menggelar operasi bersama dengan Polda Kepri di wilayah Karimun, Rabu (21/10/2020).

Operasi bersama yang dihadiri Satpolairud Polres Karimun ini dilakukan guna mengawasi penyeludupan dan menekan peredaran barang ilegal yang marak terjadi di wilayah perairan Karimun.

"Operasi bersama ini dilakukan sebagai bentuk komitmen DJBC untuk terus bersinergi dengan instansi penegak hukum lainnya, dalam rangka mengawasi dan menindak setiap upaya penyelundupan di wilayah perairan Selat Malaka, khususnya perairan Karimun,” ujar Kakanwil DJBC Khusus Kepri, Agus Yulianto seperti rillis pers yang diterima Batamnews, Rabu (21/10/2020) malam.

Ia menambahkan, operasi rutin merupakan hal yang semestinya dilakukan sebagai langkah nyata dalam mencegah tindak pidana penyeludupan tersebut.

“Adanya operasi yang dilakukan secara rutin baik mandiri maupun melalui joint sinergi bersama dengan instansi penegak hukum lainnya, diharapkan akan melindungi masyarakat dari dampak buruk penyelundupan itu sendiri, sehingga secara tidak langsung kita dapat mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat agar lebih baik," jelasnya.

“Kita dapat melakukan pertukaran data dan informasi terkait pelaksanaan patroli laut di bidang kepabeanan dengan instansi lainnya. Selain itu, dengan adanya sinergi seperti ini dapat meningkatkan kemampuan para petugas kita di lapangan baik dari sisi kemampuan teknis dan taktis operasi di laut,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui, operasi ini merupakan operasi yang juga telah dilakukan oleh Bea Cukai Batam dengan Ditpolair Polda Kepri. Sebelumnya, telah dilakukan koordinasi dengan Satuan Polair masing-masing Polres dengan membahas teknis operasi, jadwal, dan wiayah yang menjadi objek pengawasan.

Patroli bersama ini berpedoman kepada petunjuk operasi masing-masing unit. Pelaksanaan apel pembuka operasi sinergi ini dilakukan di Pelabuhan Sandar Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews