Sejarah Camp Vietnam hingga Dikelola BP Batam

Sejarah Camp Vietnam hingga Dikelola BP Batam

Foto:istimewa untuk Batamnews

Batam - Kawan wisata Ex-Camp Vietnam merupakan objek wisata kemanusiaan di Pulau Galang, yang resmi dibuka pada tahun 2000. Kawasan wisata ini merupakan bekas tempat penampungan pengungsi asal Vietnam sebagai dampak perang saudara.

Dibangun pada 1979, Camp ini dibangun hanya dalam waktu beberapa bulan oleh kontraktor dalam negeri diantaranya PT Karya Titan, PT Gerindas, PT Auto Perkasa, PT Karya Baru, dan pembangunan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Camp Vitenam dibangun karena membludaknya jumlah pengungsi perang saudara Vietnam yang telah menyebar ke beberapa wilayah di Riau.

Pada akhir 1979 pembangunan Camp ini telah mencapai 75 persen dengan fasilitas umum pelabuhan, jalan, air, fasilitas perumahan pengungsi, dan perumahan petugas.

Di buka pada Januari 1980, Camp pengungsian di Pulau galang ini, menjadi pusat Camp di Indonesia dengan luas wilayah 80 hektare yang terisolasi.

Keberadaan lokasi pengungsian ini berlangung selama 16 tahun dari 1980 hingga 1996, dan kini menjadi lokasi wisawata dengan nama Ex-Camp Vietnam.

Camp ini resmi ditutup sebagai lokasi pengungsian pada 3 september 1996. Setelah di tutup, Camp ini diserahkan pengelolaannya pada TNI-Polri, kemudian dari TNI-Polri menyerahkan ke Otorita Batam yang saat ini berganti nama menjadi Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Pada tahun 2000 Camp ini resmi dibuka BP Batam sebagai wisata kemanusiaan dengan nama Camp Vietnam. Namun pada 2012 ada protes dari delegasi Vietnam, kemudian, namanya dirubah menjadi Ex-Camp Vietnam.

Kini setiap tahunnya, Camp ini sering menjadi tujuan wisata oleh warga Vietnam yang pernah tinggal di lokasi tersebut, dan menjadi lokasi reuni, bagi warga Vietnam yang tinggal di luar negeri.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews