Total Kasus Corona di Batam Samai Tahun Masehi, 2020 Kasus

Total Kasus Corona di Batam Samai Tahun Masehi, 2020 Kasus

Ilustrasi.

Batam - Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam kembali merilis perkembangan kasus, per-14 Oktober 2020. Total kasus positif Covid-19 tercatat di Batam sebanyak 2020 kasus. Hal ini setelah tim merilis temuan 50 kasus positif baru.

Dalam kurun satu bulan terakhir, dikonfirmasi sebanyak 1.029 kasus baru. Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan, dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya dari awal kasus Covid-19 pada bulan Maret lalu.

Ketua bidang kesehatan Satgas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengakui peningkatan jumlah kasus tersebut karena protokol kesehatan yang diterapkan warga melonggar.

“Orang-orang mulai kendor untuk menerapkan protokol kesehatan dalam new normal saat ini,” ujar Didi, Kamis (15/10/2020).

Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum mengatakan peningkatan kasus Covid-19 di Batam ini karena proses tracing (penelusuruan kontak) dilakukan secara masif.  Hal ini menurutnya menunjukkan kinerja tim gugus tugas dalam melacak pasien positif lebih intens.

“Jika ada yang terpapar 50 orang saja, maka minimal ada 50 orang lagi yang ditracing,” ujar Syamsul.

Menurutnya yang bisa dilakukan pada saat ini yaitu mengupayakan masyarakat agar disiplin terhadap protokol kesehatan, di samping itu juga menekan angka pasien Covid-19.

“Kami menghindari jangan ada penyebaran, tingkatkan angka pertumbuhan kesehatan dan tekan angka kematian,” katanya.

Kasus Covid-19 yang meningkat tersebut salah satunya disumbangkan dari klaster karyawan swasta atau buruh di kawasan Muka Kuning. Klaster tersebut mulai berawal setelah penghuni dormitori Muka Kuning terkonfirmasi positif Covid-19.

Statistik Covid-19 Batam per-14 Oktober 2020:

Total kasus: 2.020

Sembuh:  1.668

Meninggal: 58

Sedang dirawat saat Ini: 294.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews